Senin, 28 Maret 2011

KISI-KISI UST

INDIKATOR UJIAN SEKOLAH TULIS
Mata Pelajaran : Agama

1.Murid dapat menentukan arti Aquran
2. Murid dapat menentukan arti salah satu nama lain dari Alquran
3.Disajikan wacana yang berhubungan dengan beriman kepada Alquran , murid dapat menentukan penertian yang berhubungan dengan beriman kepada kitab suci Aquran
4. Disajikan wacana yang berhubungan dengan zakat ,murid dapat menentukan salah satu jenis zakat
5. Murid dapat menentukan yang termasuk istilah dalam zakat
6. Murid dapat menentukan ukuran banyaknya zakat fitrah yang harus dikeluarkan
7. Disajikan wacana yang berhubungan dengan puasa, murid dapat menuliskan arti dari puasa
8. Disajikan beberapa ketentuan puasa, murid dapat menenukan yang termasuk rukun puasa
9. Disajikan bebrapa ketentuan puasa, murid dapat menentukan yang termasuk sunnah-sunnah puasa
10. Disajikan wacana yang berhubungan dengan masjid, murid dapat menentukan salah satu adab masuk/di dalam/keluar masjid
11. Murid dapat menuliskan do’a masuk/keluar masjid
12. Disajikan sebuah wacana, murid dapat menunjukkan pengertian yang berhubungan dengan pinjam meminjam
13. Disajikan beberapa ketentuan yang berhubungan dengan pinjam meminjam, murid dapat menentukan yang termasuk rukun/syarat pinjam meminjam
14. Disajikan wacana tentan hari kiamat, murid dapat menentukan nama-nama lain tenang hari kiamat
15. Murid dapat menuliskan nama-nama surga atau neraka
16. Disajikan dalil nakli tentang kiamat, murid dapat menentukan nama surat beserta ayatnya
17. Murid dapat menentukan waktu pelaksanaan shalat sunnat ‘Idaini
18. Murid dapat menyebutkan tatacara pelaksanaan shaat ‘Idaini
19. Murid dapat menyebutkan besarnya zakat dari harta yang wajib dizakati
20. Disajikan wacana tentang zakat mal, murid dapat menentukan jenis harta yang wajib dikeuarkan zakatnya
21. Murid dapt menentukan nisab harta yang wajib dikeluarkan zakatnya
22. Murid dapat menunjukkan sifat-sifat kesederhanaan khulaurrasyidin
23. Murid dapat menunjukkan berbagai lagkah yang dilakukan khulafaurrasyidin pada masa kekhalifahannya
24. Murid dapat menentukan salah satu pengertian yang berhubungan dengan jual beli
25. Murid dapat menunjukkan yang termasuk ketentuan jual beli (syarat/rukun jual beli)
26. Murid dapat menuliskan salahsatu rukun/syarat jual beli
27. Murid dapat menunjukka prilaku orang yang beriman terhadap qada dan qadar dalam berbagai keadaan
28. Murid dapat mnunjukan istilah yang berhubungan dengan Qada dan Qadar
29. Disajikan table ketentuan haji dan umroh secara terpadu, murid dapat menentukan yang termasuk rukun haji dan umroh atau syarat haji dan umroh
30. Murid dapat menuliskan perbedaan atau pesamaan antara pelaksanaan haji dan umroh haji dan umroh
31. Murid dapat menentukan istiah yang terdapat pada pelaksanaan ibadah haji dan umroh
32. Murid dapat menyebutkan tatacara shalat jenajah ketika dilaksanakan secara berjamaan
33. Murid dapat menyebutkan salah satu kewajiban seorang muslim terhadap jenajah
34. Disajikan bacaan shalat jenazah, murid dapat menentukan urutan takbirnya
35. Murid dapat menentukan saahsatu isi dari khutbah haji wada
36. Murid dapat menentukan isi kandungan wahyu terakhir
37. Murid dapat menuiskan pokok peristiwa/waktu/tokoh/ yang berkaitan denagn akhir hayat Nabi Muhammad
38. Disajikan sikap-sikap terpuji, murid dapat menentukan sikap kita sebelum/ketika/sesudah berjanji
39. Disajikan ayat Alquran tentang berterima kasih,murid dapat menunjukkan maksud atau kandungan dari ayat tersebut
40. Murid dapat menentukan akibat jika tidak berakhak terpuji(menempati janji, suka berterima kasih,tanggungjawab, dan ramah)
41. Murid dapat menunjukkan cirri-ciri orang yang bertanggung jawab
42. Disajikan wacana tentang sikap ramah, murid dapat menentukan pentingnya sikap ramah dalam kehidupan sehari-hari
43. Murid dapat menunjukkan hikmah berbuat jujur dalam kehidupan sehari-hari
44. Murid dapat menunjukkan uswatun hasanah dari nabi Muhammad saw.yang harus kaita teladani
45. Murid dapat menentukan cara merawat orang sakit
46. Murid dapat menunjukan adab dalam merawat orang yang sakit
47. Murid dapat menuliskan salah satu cara merawar orang yang sedang sakit
48. Murid dapat menunjukkan salah satu ketentuan sewa menyewa
49. Murid dapat menuliskan manfaat sewa-menyewa
50. Murid dapat menuliskan salah satu ketentuan sewa-menyewa


Mata Pelajaran : Al Qur'an
Indikator
1. Murid dapat menentukan jumlah ayat surat Al Qadr
2. Murid dapat menentukan salah satu kandungan surat
Al Qadr
3. Disajikan sebuah arti kata dari surat Al Qadr, murid dapat menentukan kalimat alqurannya.
4. Disajikan potongan ayat (kalimat) dari surat Al Qadr, murid dapat menentukan artinya
5. Disajikan sebuah ayat dari surat Al Qadr murid dapat menentukan artinya
6. Murid dapat menebtukan isi kandungan (makanan yang diharamkan) yang terdapat dalam surat Al Maidah : 3
7. Murid dapat menyebutkan arti surat Al Maidah
8. Murid dapat menentukan nama doa yang terkandung dalam surat Al Isra : 24
9. Murid dapat menyebutkan perintah / larangan yang terkandung dalam surat Al Isra : 23-24
10. Disajikan sebuah ayat dari surat Al ‘Alaq murid dapat menuliskan artinya
11. Disajikan potongan ayat (kalimat) dari surat Al ‘Alaq, murid dapat menentukan artinya
12. Disajikan sebuah arti kata dari surat Al ‘Alaq, murid dapat menentukan kalimat alqurannya
13. Murid dapat menentukan perintah yang terdapat dalam surat Al ‘Alaq
14. Murid dapat menentukan asal kejadian manusia berdasarkan surat Al ‘Alaq
15. Murid dapat menentukan isi kandungan yang terdapat dalam surat Al Hujurat : 13
16. Murid dapat menentukan arti surat Al Hujurat
17. Disajikan potongan ayat, murid dapat melengkapinya dengan benar
18. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan bunyi ayat sebelumnya
19. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan lanjutan ayat berikutnya
20. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan nama suratnya
21. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan urutan ayatnya
22. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menyebutkan nama surat dan urutan ayatnya
23. Disajikan sebuah ayat secara acak, murid dapat menyusunnya dengan benar
24. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan nama surat dan urutan ayatnya
25. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan nama surat dan urutan ayatnya
26. Murid dapat menyebutkan arti Nuzulul Qur’an
27. Murid dapat menentukan pengertian Asbabun Nuzul
28. Murid dapat menyebutkan nama perang yang terjadi pada masa khalifah Abu Bakar As Siddiq
29. Murid dapat menentukan tanggal/tempat diturunkannya wahyu yang pertama
30. Murid dapat menentukan nama surat dan ayat yang pertama/terakhir diwahyukan
31. Murid dapat menentukan tanggal/ tempat diturunkannya wahyu yang terakhir.
32. Murid dapat menyebutkan 3 hikmah diturunkannya Al Qur'an secara berangsur-angsur
33. Murid dapat menentukan lama/ masa duturunkannya Al Quran periode Makkiyah/Madaniyyah
34. Disajikan nama lain Al Qur'an, murid dapat menyebutkan artinya atau sebaliknya
35. Murid dapat menentukan nama mushaf yang disusun pada masa Usman bin 'Affan
36. Murid dapat menentukan nama sahabat Nabi yang mengusulkan agar Al Qur'an dibukukan
37. Murid dapat menentukan nama sahabat Nabi yang terkenal sebagai penulis wahyu
38. Disajikan sebuah ayat Al Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad lazim harfi, murid dapat menyebutkan hukum bacaannya
39. Murid dapat menyebutkan pengertian mad lazim
40. Murid dapat menentukan contoh ayat yang mengandung hukum bacaan mad lazim harfi
41. Murid dapat menentukan panjang bacaan mad lazim harfi
42. Murid dapat menentukan contoh ayat yang mengandung hukum bacaan nun mati
43. Disajikan potongan ayat (kalimat) yang mengandung hukum bacaan mim mati, murid dapat menyebutkan hukum bacaannya

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Materi :
1. Describing people
2. Telling time
3. Illness
4. Calendar
5. Family relationship
6. Comparisson Degree
7. Direction
8. Seasons
9. Past Tense
10.Present Perfect
11.Future
12.Profession
13.Public Sign / symbols

Indikator :
1. Disajikan gambar murid dapat menentukan keadaan seseorang
2. Disajikan gambar jam , murid dapat menentukan waktu sesuai dengan gambarnya.
3. Disajikan kalimat, murid dapat menentukan waktu yang sesuai
4. Disajikan gambar murid menentukan waktu yang sesuai dengan gambar tsb.
5. Disajikan kalimat, murid dapat menentukan jenis penyakit seseorang
6. Disajikan gambar, murid dapat menentukan jenis penyakit seseorang
7. Disajikan kalimat, murid dapat menentukan penyakit dari tokoh cerita
8. Dari sebuah kalimat tentang peristiwa, murid dapat menentukan hari besar nasional berdasarkan tanggal tsb..
9. Disajikan gambar kalender, murid dapat menentukan waktu yang tepat berdasar tanggal.
10. Disajikan kalimat, murid dapat menentukan tanggal yang tepat sesuai dengan bacaan
11. Disajikan sebuah kalimat tentang silsilah keluarga murid dapat menentukan hubungan keluarga
12. Disajikan gambar silsilah keluarga murid dapat menentukan hubungan keluarga
13. Disajikan sebuah wacana tentang silsilah keluarga murid dapat menentukan hubungan keluarga antar tokoh pada wacana
14. Disajikan gambar, murid dapat menentukan kata sifat yang tepat
15. Disajikan gambar TABEL tentang pakaian murid dapat menentukan kata sifat yang tepat
16. Disajikan gambar tentang denah, murid dapat menentukan letak suatu tempat.
17. Disajikan gambar tentang denah, murid dapat menentukan arah ke suatu tempat.
18. Disajikan sebuah bacaan, murid dapat menentukan jawaban dari pertanyaan bacaan
19. Disajikan kalimat tidak lengkap dengan kondisi cuaca pada waktu tertentu, murid dapat menentukan nama musim di Indonesia.
20. Disajikan sebuah gambar, murid dapat menentukan nama musim di Eropa
21. Disajikan sebuah bacaan, murid dapat menentukan jawaban pertanyaan sesuai dengan bacaan.
22. Disajikan kalimat tidak lengkap murid dapat menentukan kata keterangan waktu yang tepat
23. Disajikan sebuah wacana tentang perjalanan hidup seseorang yang terkenal murid dapat menentukan kata kerja / hal yang dilakukan tokoh tersebut sejak kecil
24. Disajikan sebuah wacana dengan kalimat belum lengkap murid dapat menentukan kata kerja yang tepat
25. Disajikan sebuah wacana dengan kalimat belum lengkap murid dapat menentukan kata keterangan waktu yang tepat
26. Disajikan kalimat, murid dapat menetukan kata kerja yang tepat
27. Disajikan kalimat dengan susun acak, murid dapat menyusunnya dengan tepat
28. Dari sebuah kalimat, murid dapat menentukan kata kerja yang tepat
29. Dari sebuah kalimat, murid dapat menentukan keterangan waktu yang tepat
30. Disajikan sebuah wacana tentang suatu pekerjaan murid dapat menentukan kecakapan untuk pekerjaan tsb
31. Disajikan sebuah bacaan, murid dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan tsb.
32. Disajikan cerita singkat tentang jati diri seseorang, murid dapat menjawab pertanyaan tentang profesi yang tepat untuk orang tsb
33. Disajikan sebuah wacana tentang suatu pekerjaan murid dapat membuat kalimat tentang jenis-jenis pekerjaan
34. Disajikan gambar tentang tanda tempat umum murid dapat menentukan makna gambar tersebut
35. Disajikan beberapa gambar tentang tanda tempat umum murid dapat menuliskan arti gambar tersebut
36. Disajikan beberapa gambar tentang tanda tempat umum murid dapat menuliskan kalimat sesuai dengan makna gambar tersebut

Mata Pelajaran : PKn

1. Murid dapat menentukan sikap yang harus dilakukan untuk menghindari kerusuhan yang bernuasa agama
2. Murid dapat menentukan contoh hidup rukun di sekolah
3. Murid dapat menentukan manfaat hidup rukun di sekolah
4. Murid dapat menentukan akibat hidup tidak rukun di rumah
5. Murid dapat menentukan contoh perilaku melakasanakan tata tertib di sekolah
6. Murid dapat menentukan kegiatan yang harus dilakukan dalam menjaga lingkungan masyarakat
7. Murid dapat menentukan contoh aturan yang bertlaku di lingkungan masyarakat
8. Disajikan cerita tentang peristiwa perkelahian murid dapat menentukan sikap penyelesaiannya
8. Murid dapat menentukan nama upacara adat yang berlaku di suatu daerah
9. Disajikan narasi tentang salah satu nilai Pancasila, murid dapat menentukan nilai yang terkandung dalam cerita
10.Disajikan narasi tentang korupsi murid dapat menentukan akibat dari perilaku tersebut.
11.Murid dapat menentukan manfaat melaksanakan perilaku yang sesuai dengan nilai pancasila
12.Murid dapat menuliskan instansi pemerintahan di tingkat kecamatan
13.Disajikan tabel susunan pemerintahan secara acak murid dapat menentukan susunan pemerintahan secara urut
14.Disajikan tabel perangkat pemerintah daerah murid dapat menentukan perangkat pemerintahan desa/kecamatan
15.Murid dapat menjelaskan lembaga pemerintahan di tingkat daerah
16.Murid dapat menentukan pimpinan pemerintahan di tingkat daerah
17.Disajikan struktur pemerintahan daerah murid dapat menentukan pilihan yang sesuai
18.Murid dapat menentukan salah satu asas pemilu Indonesia
19.Murid dapat menjelaskan salah satu fungsi lembagga legislatif di tingkat pusat
20.Murid dapat menentukan unsur pemerintah yang berfungsi membantu tugas presiden
21.Murid dapat menentukan sebutan negara Indonesia
22.Murid dapat menentukan manfaat menjaga keutuhan NKRI
23.Murid dapat menentukan contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI
24.Murid dapat menentukan contoh perilaku dalam menajaga keutuhan NKRI
25.Murid dapat menuliskan tata urutan perundang-undangan di Indonesia
26.Murid dapat menentukan manfaat salah satu peraturan daerah
27.Disajikan tabel peraturan pusat dan daerah murid dapat menentukan pilihan yang sesuai
28.Disajikan tabel lembaga negara murid dapat menentukan kelompok lembaga negara yang benar
29.Murid dapat menuliskan contoh organisasi di lingkungan sekolah
30.Murid dapat menentukan contoh perilaku demokratis di sekolah
31.Murid dapat menentukan contoh perbuatan yang mencerminkan sikap menghargai keputusan bersama
32.Murid dapat menuliskan tokoh perumus Pancasila
33.Disajikan cerita tentang nilai juang dalam penyusunan Pancasila, murid dapat menentukan nilai yang terkandung dalam cerita
34.Disajikan tabel tata cara menyampaikan pendapat murid dapat menentukan cara yang benar
35.Disajikan gambar tokoh, murid dapat menentukan tokoh panitia Sembilan
36.Murid dapat menentukan contoh perilaku jiwa kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari
37.Murid dapat menentukan contoh perilaku mendahulukan kepentingan umum dalam kehidupan sehari-hari
38.Murid dapat menuliskan salah satu nilai juang dalam perumasan Pancasila
39.Murid dapat menentukan salah satu dampak globalisasi
40.Murid dapat menentukan perbuatan cinta produksi dalam negeri
41.Murid dapat menjelaskan contoh bentuk kerjasama(hankam, ekonomi, sosia budaya) antar negara-negara anggota ASEAN
42.Murid dapat menentukan bentuk kerja sama antar negara
43.Murid dapat menentukan tokoh penggagas berdirinya ASEAN
44.Murid dapat menuliskan contoh peran Indonesia dalam ASEAN
45.Murid dapat menuliskan politik luar negeri Indonesia
46.Murid dapat menentukan pengertian politik luar negeri bebas aktif
47.Murid dapat menentukan contoh peranan Indonesia dalam organisasi Internasional
48.Murid dapat menentukan peranan Indonesia dalam organisasi internasional yang bernuansa Islam
49.Murid dapat memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia di dunia Internasional

Mata Pelajaran : IPS

1. Siswa dapat menentukan bentuk identitas diri (KTP, SIM, Paspor)
2. Disajikan gambar KTP atau kartu keluarga, siswa dapat mengindentifikasi bagian-bagian dari KTP atau kartu keluarga
3.Disajikan gambar kartu keluarga, siswa dapat menunjukkan status seseorang dalam keluarga
4. Siswa dapat menyebutkan salah satu peran anggota dalam keluarga
5. Siswa dapat menjelaskna kehidupan politik atau ekonomi atau sosial budaya kerajaan bercorak (Islam atau Hindu, atau Budha) di Indonesia
6. Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab kemunduran kerajaan Islam di Indonesia
7. Siswa dapat mengindentifikasi kenampakan alam salah satu provinsi di Pulau Jawa
8. Siswa dapat menyebutkan asal seni budaya bentuk sajian gambar Pulau Jawa
9. Siswa dapat menunjukkan penyebaran salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui melalui sajian gambar peta
10.Siswa dapat menunjukkan penyebaran salah satu hasil sumber daya yang dapat diperbaharui di Indonesia melalui sajian gambar
11. Siswa dapat mengindentifikasi manfaat salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui dalam bentuk sajian tabel
12. Siswa dapat mengindentifikasi manfaat salah satu sumber daya yang dapat diperbaharui dalam bentuk sajian tabel
13. Siswa dapat menyebutkan manfaat waduk atau bendungan
14. Siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan dalam bidang jasa
15. Siswa dapat menyebutkan dampak negatif kemajuan teknologi
16. Siswa dapat menyebutkan bentuk kemajuan teknologi
17. Disajikan gambar (bangunan, buku, atau benda lain), siswa dapat menyebutkan peninggalan sejarah di daerah tertentu
18. Disajikan gambar tokoh yang memimpin perlawanan di daerah tertentu, siswa dapat menyebutkan daerah perjuangannya
19. Siswa dapat mengindentifikasi suku bangsa yang terdapat di salah satu pulau di Indonesia dalam bentuk sajian tabel
20. Siswa dapat mengindentifikasi salah satu kegiatan ekonomi yang terkenal pada daerah tertentu
21. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting jaman pergerakan nasional
22. Melalui sajian gambar, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan
23. Siswa dapat mengidentifikasi pendiri salah satu organisasi pada masa pergerakan nasional, melalui sajian gambar
24. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting dalam mempersiapkan kemerdekaan
25. Melalui sajian tabel, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam mepertahankan kemerdekaan
26. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting atau tokoh penting jaman pendudukan Jepang di Indonesia
27. Siswa dapat menjelaskan latar belakang terjadinya peristiwa heroik dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
28.Siswa dapat mengindentifikasi gejala alam yang pernah terjadi di Provinsi (Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua atau NAD)
29. Siswa dapat mengidentifikasi gejala alam yang terjadi di (Australia, Selandia Baru, Brazil, atau Haiti)
30.Siswa dapat menjelaskan dampak gejala alam el nino yang terjadi di dunia
31.Siswa dapat menyebutkan dampak negatif dari peristiwa bencana alam
32.Siswa dapat menyebutkan salah satu tindakan dalam menghadapi bencana alam
33.Siswa dapat menunjukkan batas-batas wilayah Indonesia
34.Siswa dapat menyebutkan negara yang berbatasan daratan dengan Indonesia
35.Disajikan tabel. Siswa dapat mengindentifikasi provinsi yang baru di Indonesia
36.Siswa dapat menunjukkan batas wilayah salah satu negara di Asia tenggara
37.Siswa dapat mengindentifikasi persamaan negara-negara di Asia Tenggara
38.Siswa dapat menunjukkan kenampakan alam negara di Asia Tenggara
39.Siswa dapat menunjukkan kenampakan alam salah satu negara di Asia Timur
40.Siswa dapat mengindentifikasi bentuk kegiatan ekonomi penduduk benua Amerika
41.Siswa dapat mengindentifikasi negara bagian Australia melalui sajian gambar peta
42.Siswa dapat mengindentifikasi negara-negara di Benua Afrika
43.Siswa dapat menunjukkan bentuk kegiatan ekonomi di benua Afrika
44.Siswa dapat menunjukkan kenampakan alam Benua Eropa
45.Siswa dapat menyebutkan peranan Indonesia dalam perdagangan dunia
46.Siswa dapat mengindentifikasi perkembangan teknologi dalam sajian tabel
47.Siswa dapat menjelaskna dampak negatif dari globalisasi dalam pariwisata
48.Siswa dapat menjelaskan positif dari globalisasi
49.Siswa dapat menyebutkan dampak dari perdagangan bebas Asia dan dunia di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar