Rabu, 23 Maret 2011

KISI-KISI UNSD IPA 2011

INDIKATOR UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR (UNSD)
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Mata Pelajaran : IPA

1. Disajikan gambar hewan/tumbuhan tertentu, siswa dapat menjelaskan ciri khusus yang ada pada hewan/tumbuhan tersebut
2. Disajikan beberapa nama hewan/tumbuhuan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan tumbuhan/hewan lain yang termasuk kelompok itu.
3. Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat menetukan cara perkembangbiakannya.
4. Siswa dapat menentukan ciri-ciri hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya.
5. Siswa dapat menentukan manfaat bagian dari tubuh hewan/tumbuhan tertentu bagi manusia dan lingkungannya.
6. Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan bahan tertentu dari hewan/tumbuhan di suatu daerah.
7. Siswa dapat menjelaskan pentingnya pelestarin hewan/tumbuhan langka.
8. Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar.
9. Disajikan gambar alat indra beserta bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk.
10. Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat penapasan berdasarkan gambar.
11. Disajikjan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi organ atau saluran pencernaan yang ditandai.
12. Siswa dapat menentukan urutan sirkulasi aliran darah pada salah satu system peredaran darah manusia berdasarkan gambar.
13. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan.
14. Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan (gizi) bagi kesehatan tubuh manusia.
15. Siswa dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit menular pada manusia.
16. Siswa dapat menentukan contoh bentuk hubungan antara dua makhluk hidup (salah satu simbiosis)
17. Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu.
18. Siswa dapat menentukan peran makhluk hidup tertentu dalam suatu ekosistem.
19. Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk/keadaan tubuh hewan/tumbuhan tertentu bagi kelangsungan hidupnya. Kel. :c
20. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu untuk kelangsungan hidupnya.
21. Siswa dapat menyebutkan contoh perubahan wujud benda tertentu (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim)
22. Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim)
23. Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu pada kegiatan tersebut.
24. Siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan atau peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
25. Siswa dapat menjelaaskan pemanfaatan benda konduktor dan isolator.
26. Disajikan gambar alat atau pernyataan yang berkaitan dengan energy, siswa dapat mengidentifikasi bentuk energy yang digunakan atau dihasilkan.
27. Disajikan gambar percobaan atau pernyataan yang berkaitan dengan cahaya, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat cahaya.
28. Siswa dapat menyebutkan manfaat bunyi pantul dalam kehidupan sehari-hari.
29. Disajikan gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa lampu, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus.
30. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energy alternative.
31. Disajikan gambar atau pernyataan kegiatan tertentu, siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak atau bentuk suatu benda.
32. Disajikan gambar tuas, siswa dapat menentukan letak beban atau kuasa atau titik tumpu.
33. Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai untuk digunakan pada kegiatan tersebut.
34. Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara-cara atau manfaat penghematan energy tertentu.
35. Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, 36. siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan,siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak kelestarian sumber daya alam atau dapat menentukan cara untuk melestarikan sumber daya alam.
37. Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkannya.
38. Siswa dapat menentukan urutan tata letak atau cirri-ciri planet dalam tata surya.
39. Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi.
40. Siswa dapat menyebutkan dasar perhitungan penanggalan masehi atau komariyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar