Rabu, 30 Maret 2011

UJIAN SEKOLAH PRAKTIK (TEKNIS)

UJIAN SEKOLAH PRAKTIK
Pelaksanaan : Senin s/d Jum'at, 4 s/d 8 April 2011
Waktu : pukul 07.00 s/d 14.00 WIB

I. KELOMPOK
Kelompok 1
1. Tsnay
2. Alma
3. Andreyna
4. Hera
5. Lula
6. Bagus
7. Naifa
8. Diza
9. Fari

Kelompok 2
1. Farellia
2. Aji
3. Zahra
4. Vito
5. Syauqi
6. Daffa B.
7. Nadila
8. Nares
9. Nida

Kelompok 3
1. Rafii
2. Rakha
3. Rangga
4. shania
5. Syafina
6. Vasya
7. Aisyah
8. Alif Fakhri

Kelompok 4
1. Ariq
2. Bianca
3. Cantiqa
4. Daffa P.
5. Farand
6. Farell
7. Fikri
8. Fachry

Kelompok 5
1. Rachal
2. Rayhan
3. Nabila A.
4. Nada
5. Priska
6. Arjuno
7. Raniah
8. Afifah

Kelompok 6
1. Raysiqa
2. Ricky
3. Rizka
4. Safira M.
5. Shafira F.
6. Tania
7. Yasmin
8. Adinda A.

Kelompok 7
1. Alriva
2. Alvin
3. Amalya
4. Ashila
5. Asyifa
6. Aldo
7. Ayu W.
8. Billy

Kelompok 8
1. Dinda Ajeng
2. Faiz
3. Fiona
4. Ganesh
5. Haala
6. Ihsan
7. Khosy
8. M. Farhan

Kelompok 9
1. Agung
2. Naufal BP
3. Osy
4. Putri P
5. Ratu Aninda
6. Ratu Ayu
7. Safira P.
8. Salsabila H.

II. PENGUJI
1. Agama : Edi Fahmi
2. Al Qur'an : Andi Rosyadi
3. Bhs.Indonesia : Rini Nurhayati
4. IPA 1 : Feri S.
5. IPA 2 : M. Yatim
6. PJOK : Hilman IP
7. SBK : Agung S.
8. Bhs.Inggris : Rida
9. IT Komputer : Lia Herlina

III. TEMPAT
1. Agama : R. Sidang
2. Al Qur'an : Kelas 6 Ibnu Khaldun
3. Bhs.Indonesia : Kelas 6 Ibnu Thufail
4. IPA 1 : Lab IPA
5. IPA 2 : Lab IPA
6. PJOK : lapangan
7. SBK : R. Musik
8. Bhs.Inggris : Kelas 6 Ibnu Rusyd
9. IT Komputer : R. Komputer

IV. JADWAL
06.55 - 09.35 : persiapan
09.35 - 11.05 : USP 1
11.05 - 11.20 : USP 2
11.20 - 12.50 : shalat dhuhur berjamaah
12.50 - 13.20 : USP 2 lanjutan

1. Senin, 4 April 2011
- 09.35 - 11.05 :
Agama (kel.1) - Al Qur'an (kel.2) - B.Ind (kel.3) - IPA 1(kel.4) - IPA 2(kel.5) - PJOK (kel. 6) - SBK (kel. 7)- B.Ing (kel.kel.8) - IT (kel.9)
- 11.20 - 13.20 :
IT (kel.1)- Agama (kel.2) - Al Qur'an (kel.3) - B.Ind (kel.4) - IPA 1(kel.5) - IPA 2(kel.6) - PJOK (kel. 7) - SBK (kel. 8)- B.Ing (kel.9)

2. Selasa, 5 April 2011
- 09.35 - 11.05 :
B.Ing (kel.1)- IT (kel.2)- Agama (kel.3) - Al Qur'an (kel.4) - B.Ind (kel.5) - IPA 1(kel.6) - IPA 2(kel.7) - PJOK (kel. 8) - SBK (kel. 9)
- 11.20 - 13.20 :
SBK (kel. 1)- B.Ing (kel.2)- IT (kel.3)- Agama (kel.4) - Al Qur'an (kel.5) - B.Ind (kel.6) - IPA 1(kel.7) - IPA 2(kel.8) - PJOK (kel. 9)

3. Rabu, 6 April 2011
- 09.35 - 11.05 :
PJOK (kel.1)- SBK (kel.2)- B.Ing (kel.3)- IT (kel.4)- Agama (kel.5) - Al Qur'an (kel.6) - B.Ind (kel.7) - IPA 1(kel.8) - IPA 2(kel.9) -
- 11.20 - 13.20 :
PJOK (kel.1)- SBK (kel.2)- B.Ing (kel.3)- IT (kel.4)- Agama (kel.5) - Al Qur'an (kel.6) - B.Ind (kel.7) - IPA 1(kel.8) - IPA 2(kel.9)

4. Kamis, 7 April 2011
- 09.35 - 11.05 :
IPA 1(kel.1)- IPA 2(kel.2)- PJOK (kel.3)- SBK (kel.4)- B.Ing (kel.5)- IT (kel.6)- Agama (kel.7) - Al Qur'an (kel.8) - B.Ind (kel.9)
- 11.20 - 13.20 :
B.Ind (kel.1)- IPA 1(kel.2)- IPA 2(kel.3)- PJOK (kel.4)- SBK (kel.5)- B.Ing (kel.6)- IT (kel.7)- Agama (kel.8) - Al Qur'an (kel.9)

5. Jum'at, 8 April 2011
- 09.35 - 11.05 :
Al Qur'an (kel.1) - B.Ind (kel.2)- IPA 1(kel.3)- IPA 2(kel.4)- PJOK (kel.5)- SBK (kel.6)- B.Ing (kel.7)- IT (kel.8)- Agama (kel.9)

Senin, 28 Maret 2011

KISI-KISI UST

INDIKATOR UJIAN SEKOLAH TULIS
Mata Pelajaran : Agama

1.Murid dapat menentukan arti Aquran
2. Murid dapat menentukan arti salah satu nama lain dari Alquran
3.Disajikan wacana yang berhubungan dengan beriman kepada Alquran , murid dapat menentukan penertian yang berhubungan dengan beriman kepada kitab suci Aquran
4. Disajikan wacana yang berhubungan dengan zakat ,murid dapat menentukan salah satu jenis zakat
5. Murid dapat menentukan yang termasuk istilah dalam zakat
6. Murid dapat menentukan ukuran banyaknya zakat fitrah yang harus dikeluarkan
7. Disajikan wacana yang berhubungan dengan puasa, murid dapat menuliskan arti dari puasa
8. Disajikan beberapa ketentuan puasa, murid dapat menenukan yang termasuk rukun puasa
9. Disajikan bebrapa ketentuan puasa, murid dapat menentukan yang termasuk sunnah-sunnah puasa
10. Disajikan wacana yang berhubungan dengan masjid, murid dapat menentukan salah satu adab masuk/di dalam/keluar masjid
11. Murid dapat menuliskan do’a masuk/keluar masjid
12. Disajikan sebuah wacana, murid dapat menunjukkan pengertian yang berhubungan dengan pinjam meminjam
13. Disajikan beberapa ketentuan yang berhubungan dengan pinjam meminjam, murid dapat menentukan yang termasuk rukun/syarat pinjam meminjam
14. Disajikan wacana tentan hari kiamat, murid dapat menentukan nama-nama lain tenang hari kiamat
15. Murid dapat menuliskan nama-nama surga atau neraka
16. Disajikan dalil nakli tentang kiamat, murid dapat menentukan nama surat beserta ayatnya
17. Murid dapat menentukan waktu pelaksanaan shalat sunnat ‘Idaini
18. Murid dapat menyebutkan tatacara pelaksanaan shaat ‘Idaini
19. Murid dapat menyebutkan besarnya zakat dari harta yang wajib dizakati
20. Disajikan wacana tentang zakat mal, murid dapat menentukan jenis harta yang wajib dikeuarkan zakatnya
21. Murid dapt menentukan nisab harta yang wajib dikeluarkan zakatnya
22. Murid dapat menunjukkan sifat-sifat kesederhanaan khulaurrasyidin
23. Murid dapat menunjukkan berbagai lagkah yang dilakukan khulafaurrasyidin pada masa kekhalifahannya
24. Murid dapat menentukan salah satu pengertian yang berhubungan dengan jual beli
25. Murid dapat menunjukkan yang termasuk ketentuan jual beli (syarat/rukun jual beli)
26. Murid dapat menuliskan salahsatu rukun/syarat jual beli
27. Murid dapat menunjukka prilaku orang yang beriman terhadap qada dan qadar dalam berbagai keadaan
28. Murid dapat mnunjukan istilah yang berhubungan dengan Qada dan Qadar
29. Disajikan table ketentuan haji dan umroh secara terpadu, murid dapat menentukan yang termasuk rukun haji dan umroh atau syarat haji dan umroh
30. Murid dapat menuliskan perbedaan atau pesamaan antara pelaksanaan haji dan umroh haji dan umroh
31. Murid dapat menentukan istiah yang terdapat pada pelaksanaan ibadah haji dan umroh
32. Murid dapat menyebutkan tatacara shalat jenajah ketika dilaksanakan secara berjamaan
33. Murid dapat menyebutkan salah satu kewajiban seorang muslim terhadap jenajah
34. Disajikan bacaan shalat jenazah, murid dapat menentukan urutan takbirnya
35. Murid dapat menentukan saahsatu isi dari khutbah haji wada
36. Murid dapat menentukan isi kandungan wahyu terakhir
37. Murid dapat menuiskan pokok peristiwa/waktu/tokoh/ yang berkaitan denagn akhir hayat Nabi Muhammad
38. Disajikan sikap-sikap terpuji, murid dapat menentukan sikap kita sebelum/ketika/sesudah berjanji
39. Disajikan ayat Alquran tentang berterima kasih,murid dapat menunjukkan maksud atau kandungan dari ayat tersebut
40. Murid dapat menentukan akibat jika tidak berakhak terpuji(menempati janji, suka berterima kasih,tanggungjawab, dan ramah)
41. Murid dapat menunjukkan cirri-ciri orang yang bertanggung jawab
42. Disajikan wacana tentang sikap ramah, murid dapat menentukan pentingnya sikap ramah dalam kehidupan sehari-hari
43. Murid dapat menunjukkan hikmah berbuat jujur dalam kehidupan sehari-hari
44. Murid dapat menunjukkan uswatun hasanah dari nabi Muhammad saw.yang harus kaita teladani
45. Murid dapat menentukan cara merawat orang sakit
46. Murid dapat menunjukan adab dalam merawat orang yang sakit
47. Murid dapat menuliskan salah satu cara merawar orang yang sedang sakit
48. Murid dapat menunjukkan salah satu ketentuan sewa menyewa
49. Murid dapat menuliskan manfaat sewa-menyewa
50. Murid dapat menuliskan salah satu ketentuan sewa-menyewa


Mata Pelajaran : Al Qur'an
Indikator
1. Murid dapat menentukan jumlah ayat surat Al Qadr
2. Murid dapat menentukan salah satu kandungan surat
Al Qadr
3. Disajikan sebuah arti kata dari surat Al Qadr, murid dapat menentukan kalimat alqurannya.
4. Disajikan potongan ayat (kalimat) dari surat Al Qadr, murid dapat menentukan artinya
5. Disajikan sebuah ayat dari surat Al Qadr murid dapat menentukan artinya
6. Murid dapat menebtukan isi kandungan (makanan yang diharamkan) yang terdapat dalam surat Al Maidah : 3
7. Murid dapat menyebutkan arti surat Al Maidah
8. Murid dapat menentukan nama doa yang terkandung dalam surat Al Isra : 24
9. Murid dapat menyebutkan perintah / larangan yang terkandung dalam surat Al Isra : 23-24
10. Disajikan sebuah ayat dari surat Al ‘Alaq murid dapat menuliskan artinya
11. Disajikan potongan ayat (kalimat) dari surat Al ‘Alaq, murid dapat menentukan artinya
12. Disajikan sebuah arti kata dari surat Al ‘Alaq, murid dapat menentukan kalimat alqurannya
13. Murid dapat menentukan perintah yang terdapat dalam surat Al ‘Alaq
14. Murid dapat menentukan asal kejadian manusia berdasarkan surat Al ‘Alaq
15. Murid dapat menentukan isi kandungan yang terdapat dalam surat Al Hujurat : 13
16. Murid dapat menentukan arti surat Al Hujurat
17. Disajikan potongan ayat, murid dapat melengkapinya dengan benar
18. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan bunyi ayat sebelumnya
19. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan lanjutan ayat berikutnya
20. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan nama suratnya
21. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan urutan ayatnya
22. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menyebutkan nama surat dan urutan ayatnya
23. Disajikan sebuah ayat secara acak, murid dapat menyusunnya dengan benar
24. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan nama surat dan urutan ayatnya
25. Disajikan sebuah ayat, murid dapat menentukan nama surat dan urutan ayatnya
26. Murid dapat menyebutkan arti Nuzulul Qur’an
27. Murid dapat menentukan pengertian Asbabun Nuzul
28. Murid dapat menyebutkan nama perang yang terjadi pada masa khalifah Abu Bakar As Siddiq
29. Murid dapat menentukan tanggal/tempat diturunkannya wahyu yang pertama
30. Murid dapat menentukan nama surat dan ayat yang pertama/terakhir diwahyukan
31. Murid dapat menentukan tanggal/ tempat diturunkannya wahyu yang terakhir.
32. Murid dapat menyebutkan 3 hikmah diturunkannya Al Qur'an secara berangsur-angsur
33. Murid dapat menentukan lama/ masa duturunkannya Al Quran periode Makkiyah/Madaniyyah
34. Disajikan nama lain Al Qur'an, murid dapat menyebutkan artinya atau sebaliknya
35. Murid dapat menentukan nama mushaf yang disusun pada masa Usman bin 'Affan
36. Murid dapat menentukan nama sahabat Nabi yang mengusulkan agar Al Qur'an dibukukan
37. Murid dapat menentukan nama sahabat Nabi yang terkenal sebagai penulis wahyu
38. Disajikan sebuah ayat Al Qur’an yang mengandung hukum bacaan mad lazim harfi, murid dapat menyebutkan hukum bacaannya
39. Murid dapat menyebutkan pengertian mad lazim
40. Murid dapat menentukan contoh ayat yang mengandung hukum bacaan mad lazim harfi
41. Murid dapat menentukan panjang bacaan mad lazim harfi
42. Murid dapat menentukan contoh ayat yang mengandung hukum bacaan nun mati
43. Disajikan potongan ayat (kalimat) yang mengandung hukum bacaan mim mati, murid dapat menyebutkan hukum bacaannya

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Materi :
1. Describing people
2. Telling time
3. Illness
4. Calendar
5. Family relationship
6. Comparisson Degree
7. Direction
8. Seasons
9. Past Tense
10.Present Perfect
11.Future
12.Profession
13.Public Sign / symbols

Indikator :
1. Disajikan gambar murid dapat menentukan keadaan seseorang
2. Disajikan gambar jam , murid dapat menentukan waktu sesuai dengan gambarnya.
3. Disajikan kalimat, murid dapat menentukan waktu yang sesuai
4. Disajikan gambar murid menentukan waktu yang sesuai dengan gambar tsb.
5. Disajikan kalimat, murid dapat menentukan jenis penyakit seseorang
6. Disajikan gambar, murid dapat menentukan jenis penyakit seseorang
7. Disajikan kalimat, murid dapat menentukan penyakit dari tokoh cerita
8. Dari sebuah kalimat tentang peristiwa, murid dapat menentukan hari besar nasional berdasarkan tanggal tsb..
9. Disajikan gambar kalender, murid dapat menentukan waktu yang tepat berdasar tanggal.
10. Disajikan kalimat, murid dapat menentukan tanggal yang tepat sesuai dengan bacaan
11. Disajikan sebuah kalimat tentang silsilah keluarga murid dapat menentukan hubungan keluarga
12. Disajikan gambar silsilah keluarga murid dapat menentukan hubungan keluarga
13. Disajikan sebuah wacana tentang silsilah keluarga murid dapat menentukan hubungan keluarga antar tokoh pada wacana
14. Disajikan gambar, murid dapat menentukan kata sifat yang tepat
15. Disajikan gambar TABEL tentang pakaian murid dapat menentukan kata sifat yang tepat
16. Disajikan gambar tentang denah, murid dapat menentukan letak suatu tempat.
17. Disajikan gambar tentang denah, murid dapat menentukan arah ke suatu tempat.
18. Disajikan sebuah bacaan, murid dapat menentukan jawaban dari pertanyaan bacaan
19. Disajikan kalimat tidak lengkap dengan kondisi cuaca pada waktu tertentu, murid dapat menentukan nama musim di Indonesia.
20. Disajikan sebuah gambar, murid dapat menentukan nama musim di Eropa
21. Disajikan sebuah bacaan, murid dapat menentukan jawaban pertanyaan sesuai dengan bacaan.
22. Disajikan kalimat tidak lengkap murid dapat menentukan kata keterangan waktu yang tepat
23. Disajikan sebuah wacana tentang perjalanan hidup seseorang yang terkenal murid dapat menentukan kata kerja / hal yang dilakukan tokoh tersebut sejak kecil
24. Disajikan sebuah wacana dengan kalimat belum lengkap murid dapat menentukan kata kerja yang tepat
25. Disajikan sebuah wacana dengan kalimat belum lengkap murid dapat menentukan kata keterangan waktu yang tepat
26. Disajikan kalimat, murid dapat menetukan kata kerja yang tepat
27. Disajikan kalimat dengan susun acak, murid dapat menyusunnya dengan tepat
28. Dari sebuah kalimat, murid dapat menentukan kata kerja yang tepat
29. Dari sebuah kalimat, murid dapat menentukan keterangan waktu yang tepat
30. Disajikan sebuah wacana tentang suatu pekerjaan murid dapat menentukan kecakapan untuk pekerjaan tsb
31. Disajikan sebuah bacaan, murid dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan tsb.
32. Disajikan cerita singkat tentang jati diri seseorang, murid dapat menjawab pertanyaan tentang profesi yang tepat untuk orang tsb
33. Disajikan sebuah wacana tentang suatu pekerjaan murid dapat membuat kalimat tentang jenis-jenis pekerjaan
34. Disajikan gambar tentang tanda tempat umum murid dapat menentukan makna gambar tersebut
35. Disajikan beberapa gambar tentang tanda tempat umum murid dapat menuliskan arti gambar tersebut
36. Disajikan beberapa gambar tentang tanda tempat umum murid dapat menuliskan kalimat sesuai dengan makna gambar tersebut

Mata Pelajaran : PKn

1. Murid dapat menentukan sikap yang harus dilakukan untuk menghindari kerusuhan yang bernuasa agama
2. Murid dapat menentukan contoh hidup rukun di sekolah
3. Murid dapat menentukan manfaat hidup rukun di sekolah
4. Murid dapat menentukan akibat hidup tidak rukun di rumah
5. Murid dapat menentukan contoh perilaku melakasanakan tata tertib di sekolah
6. Murid dapat menentukan kegiatan yang harus dilakukan dalam menjaga lingkungan masyarakat
7. Murid dapat menentukan contoh aturan yang bertlaku di lingkungan masyarakat
8. Disajikan cerita tentang peristiwa perkelahian murid dapat menentukan sikap penyelesaiannya
8. Murid dapat menentukan nama upacara adat yang berlaku di suatu daerah
9. Disajikan narasi tentang salah satu nilai Pancasila, murid dapat menentukan nilai yang terkandung dalam cerita
10.Disajikan narasi tentang korupsi murid dapat menentukan akibat dari perilaku tersebut.
11.Murid dapat menentukan manfaat melaksanakan perilaku yang sesuai dengan nilai pancasila
12.Murid dapat menuliskan instansi pemerintahan di tingkat kecamatan
13.Disajikan tabel susunan pemerintahan secara acak murid dapat menentukan susunan pemerintahan secara urut
14.Disajikan tabel perangkat pemerintah daerah murid dapat menentukan perangkat pemerintahan desa/kecamatan
15.Murid dapat menjelaskan lembaga pemerintahan di tingkat daerah
16.Murid dapat menentukan pimpinan pemerintahan di tingkat daerah
17.Disajikan struktur pemerintahan daerah murid dapat menentukan pilihan yang sesuai
18.Murid dapat menentukan salah satu asas pemilu Indonesia
19.Murid dapat menjelaskan salah satu fungsi lembagga legislatif di tingkat pusat
20.Murid dapat menentukan unsur pemerintah yang berfungsi membantu tugas presiden
21.Murid dapat menentukan sebutan negara Indonesia
22.Murid dapat menentukan manfaat menjaga keutuhan NKRI
23.Murid dapat menentukan contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI
24.Murid dapat menentukan contoh perilaku dalam menajaga keutuhan NKRI
25.Murid dapat menuliskan tata urutan perundang-undangan di Indonesia
26.Murid dapat menentukan manfaat salah satu peraturan daerah
27.Disajikan tabel peraturan pusat dan daerah murid dapat menentukan pilihan yang sesuai
28.Disajikan tabel lembaga negara murid dapat menentukan kelompok lembaga negara yang benar
29.Murid dapat menuliskan contoh organisasi di lingkungan sekolah
30.Murid dapat menentukan contoh perilaku demokratis di sekolah
31.Murid dapat menentukan contoh perbuatan yang mencerminkan sikap menghargai keputusan bersama
32.Murid dapat menuliskan tokoh perumus Pancasila
33.Disajikan cerita tentang nilai juang dalam penyusunan Pancasila, murid dapat menentukan nilai yang terkandung dalam cerita
34.Disajikan tabel tata cara menyampaikan pendapat murid dapat menentukan cara yang benar
35.Disajikan gambar tokoh, murid dapat menentukan tokoh panitia Sembilan
36.Murid dapat menentukan contoh perilaku jiwa kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari
37.Murid dapat menentukan contoh perilaku mendahulukan kepentingan umum dalam kehidupan sehari-hari
38.Murid dapat menuliskan salah satu nilai juang dalam perumasan Pancasila
39.Murid dapat menentukan salah satu dampak globalisasi
40.Murid dapat menentukan perbuatan cinta produksi dalam negeri
41.Murid dapat menjelaskan contoh bentuk kerjasama(hankam, ekonomi, sosia budaya) antar negara-negara anggota ASEAN
42.Murid dapat menentukan bentuk kerja sama antar negara
43.Murid dapat menentukan tokoh penggagas berdirinya ASEAN
44.Murid dapat menuliskan contoh peran Indonesia dalam ASEAN
45.Murid dapat menuliskan politik luar negeri Indonesia
46.Murid dapat menentukan pengertian politik luar negeri bebas aktif
47.Murid dapat menentukan contoh peranan Indonesia dalam organisasi Internasional
48.Murid dapat menentukan peranan Indonesia dalam organisasi internasional yang bernuansa Islam
49.Murid dapat memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia di dunia Internasional

Mata Pelajaran : IPS

1. Siswa dapat menentukan bentuk identitas diri (KTP, SIM, Paspor)
2. Disajikan gambar KTP atau kartu keluarga, siswa dapat mengindentifikasi bagian-bagian dari KTP atau kartu keluarga
3.Disajikan gambar kartu keluarga, siswa dapat menunjukkan status seseorang dalam keluarga
4. Siswa dapat menyebutkan salah satu peran anggota dalam keluarga
5. Siswa dapat menjelaskna kehidupan politik atau ekonomi atau sosial budaya kerajaan bercorak (Islam atau Hindu, atau Budha) di Indonesia
6. Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab kemunduran kerajaan Islam di Indonesia
7. Siswa dapat mengindentifikasi kenampakan alam salah satu provinsi di Pulau Jawa
8. Siswa dapat menyebutkan asal seni budaya bentuk sajian gambar Pulau Jawa
9. Siswa dapat menunjukkan penyebaran salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui melalui sajian gambar peta
10.Siswa dapat menunjukkan penyebaran salah satu hasil sumber daya yang dapat diperbaharui di Indonesia melalui sajian gambar
11. Siswa dapat mengindentifikasi manfaat salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui dalam bentuk sajian tabel
12. Siswa dapat mengindentifikasi manfaat salah satu sumber daya yang dapat diperbaharui dalam bentuk sajian tabel
13. Siswa dapat menyebutkan manfaat waduk atau bendungan
14. Siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan dalam bidang jasa
15. Siswa dapat menyebutkan dampak negatif kemajuan teknologi
16. Siswa dapat menyebutkan bentuk kemajuan teknologi
17. Disajikan gambar (bangunan, buku, atau benda lain), siswa dapat menyebutkan peninggalan sejarah di daerah tertentu
18. Disajikan gambar tokoh yang memimpin perlawanan di daerah tertentu, siswa dapat menyebutkan daerah perjuangannya
19. Siswa dapat mengindentifikasi suku bangsa yang terdapat di salah satu pulau di Indonesia dalam bentuk sajian tabel
20. Siswa dapat mengindentifikasi salah satu kegiatan ekonomi yang terkenal pada daerah tertentu
21. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting jaman pergerakan nasional
22. Melalui sajian gambar, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan
23. Siswa dapat mengidentifikasi pendiri salah satu organisasi pada masa pergerakan nasional, melalui sajian gambar
24. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting dalam mempersiapkan kemerdekaan
25. Melalui sajian tabel, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam mepertahankan kemerdekaan
26. Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting atau tokoh penting jaman pendudukan Jepang di Indonesia
27. Siswa dapat menjelaskan latar belakang terjadinya peristiwa heroik dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
28.Siswa dapat mengindentifikasi gejala alam yang pernah terjadi di Provinsi (Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua atau NAD)
29. Siswa dapat mengidentifikasi gejala alam yang terjadi di (Australia, Selandia Baru, Brazil, atau Haiti)
30.Siswa dapat menjelaskan dampak gejala alam el nino yang terjadi di dunia
31.Siswa dapat menyebutkan dampak negatif dari peristiwa bencana alam
32.Siswa dapat menyebutkan salah satu tindakan dalam menghadapi bencana alam
33.Siswa dapat menunjukkan batas-batas wilayah Indonesia
34.Siswa dapat menyebutkan negara yang berbatasan daratan dengan Indonesia
35.Disajikan tabel. Siswa dapat mengindentifikasi provinsi yang baru di Indonesia
36.Siswa dapat menunjukkan batas wilayah salah satu negara di Asia tenggara
37.Siswa dapat mengindentifikasi persamaan negara-negara di Asia Tenggara
38.Siswa dapat menunjukkan kenampakan alam negara di Asia Tenggara
39.Siswa dapat menunjukkan kenampakan alam salah satu negara di Asia Timur
40.Siswa dapat mengindentifikasi bentuk kegiatan ekonomi penduduk benua Amerika
41.Siswa dapat mengindentifikasi negara bagian Australia melalui sajian gambar peta
42.Siswa dapat mengindentifikasi negara-negara di Benua Afrika
43.Siswa dapat menunjukkan bentuk kegiatan ekonomi di benua Afrika
44.Siswa dapat menunjukkan kenampakan alam Benua Eropa
45.Siswa dapat menyebutkan peranan Indonesia dalam perdagangan dunia
46.Siswa dapat mengindentifikasi perkembangan teknologi dalam sajian tabel
47.Siswa dapat menjelaskna dampak negatif dari globalisasi dalam pariwisata
48.Siswa dapat menjelaskan positif dari globalisasi
49.Siswa dapat menyebutkan dampak dari perdagangan bebas Asia dan dunia di Indonesia

Minggu, 27 Maret 2011

PREDIKSI UNSD 2011 IPA 3

Berilah tanda silang (x) pada huruf: a, b, c atau d sesuai dengan jawaban yang paling benar !

1.
Ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan pada gambar di atas adalah ….
a.memiliki batang yang dapat menyimpan air
b.mengeluarkan bau busuk yang menyengat
c.menangkap serangga sebagai sumber makanan
d.batangnya memiliki rongga udara

2.Perhatikan tabel di bawah ini!
No. Tumbuhan
1. padi
2. tebu
3. bambu
4. kelapa
5. rumput
Berbagai tumbuhan di atas dapat dikelompokkan ke dalam satu kelompok,yaitu tumbuhan yang…
a. berbatang basah
b. batang berkayu
c. bertulang daun sejajar
d. berkembangbiak dengan tunas
3. Cara perkembangbiakan tumbuhan seperti pada gambar di bawah adalah ….
a. akar tinggal
b. geragih
c. umbi batang
d. tunas

4. Buaya dan kura-kura berkembangbiak dengan cara ….
a. bertunas
b. bertelur
c. melahirkan
d. membelah diri

5. Pemanfaatan kulit ular dan buaya sebagai properti yang mewah meningkatkan jumlah perburuan terhadap ke dua jenis binatang tersebut. Hal ini menimbulkan dampak populasi buaya dan ular akan ….
a. punah
b. bertambah
c. tetap
d. dinamis

6. Karet banyak dibutuhkan pada produksi kendaraan bermotor, alat elektronik, alat rumahtangga, alat-alat listrik dan sebagainya. Bagian dari tumbuhan karet yang dapat dimanfaatkan adalah….
a. batangnya
b. akarnya
c. getahnya
d. daunnya

7. Komodo merupakan salah satu hewan yang dilestarikan.Tujuan pelestarian tersebut adalah agar komodo ….
a. menjadi objek wisata
b. menjadi ciri khas hewan Indonesia
c. tetap terpelihara
d. tidak Punah

8.
Perhatikan gambar di atas ini!
Organ tubuh yang dilindungi oleh rangka adalah
a.usus besar dan usus 12 jari
b.jantung dan paru–paru
c.tenggorokan dan kerongkongan
d.hati dan ginjal

9.
Bagian dari panca indera pada gambar di atas
yang berfungsi untuk menangkap getaran suara
ditunjukkan nomor…
a.1
b.2
c.3
d.4

10.
Proses pernapasan yang terjadi pada gelembung–
gelembung paru–paru adalah…
a.penyaringan kotoran–kotoran yang terbawa oksigen
b.penyesuaian suhu oksigen sesuai dengan kebutuhan tubuh pada saat itu
c.pertukaran oksigen dengan karbondioksida dari paru–paru ke pembuluh darah
d.pembersihan oksigen dari karbondioksida

11.
Pada organ pencernaan makanan yang diberi tanda x,enzim asam klorida berfungsi untuk…
a.mengasamkan makanan agar mudah dicerna
b.mengubah Protein menjadi pepton
c.mengendapkan protein dan air susu
d.membunuh bibit –bibit penyakit

12.
Dalam peredaran darah besar,darah yang berasal dari jantung kemudian akan mengalir ke seluruh tubuh. Bagian jantung yang berfungsi untuk memompa darah keluar dari jantung menuju ke seluruh tubuh adalah ….
a.bilik kanan
b.bilik kiri
c.serambi kanan
d.serambi kiri

13. Bagian tumbuh-tumbuhan yang terdiri dari akar,batang, daun. Bagian yang berfungsi untuk menyerap mineral dari dalam tanah adalah….
a.ujung akar
b.akar serabut
c.bulu akar
d.akar tunjang

14. Nasi,jagung dan kentang mengandung karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh sebagai Sumber …..
a.tenaga
c.pembangun
b.pengatur suhu
d.pertumbuhan

15. Gejala-gejala penyakit berikut harus diwaspadai karena….
a.demam,sakit kepala dan hidung berlendir
b.bintik merah pada kulit dan badan lemas
c.mual,perut kembung dan susah buang air
d.mata berkunang-kunang dan badan lemas

16. Di bawah ini adalah contoh bentuk simbiosis mutualisme adalah ….
a. ikan hiu dengan ikan remora
b. pohon besar dengan bunga anggrek
c. burung jalak dengan kerbau
d. tumbuhan tali putri dengan tumbuhan teh-tehan


17. Pada suatu ekosistem terdapat tanaman padi,tikus,ular sawah dan burung elang. Rantai makanan yang terbentuk adalah ….
a.padi,ular sawah,tikus,elang
b.padi,tikus,ular sawah,elang
c.ular sawah,tikus,padi,elang
d.tikus, padi,ular sawah,elang

18. Katak sering kita lihat di dekat kolam atau tanah berawa.Kehadiran katak sesungguhnya Menguntungkan manusia karena….
a.memekan cacing tanah
b.menyuburkan tanah berair
c.memakan nyamuk
d.mengeluarkan suara bersahut-sahutan

19.Umumnya bentuk tubuh ikan adalah aerodinamis (streamline).Hal ini dimaksudkan
Agar ikan …
a. mudah berkembangbiak
c. tidak mudah dikenali musuhnya
b. dapat bertahan hidup di air
d. mudah bergerak

20.Pohon jati menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dengan cara….
a. menggugurkan daunnya pada musim hujan
b. menggugurkan daunnya pada musim kemarau
c. menggulungkan daunnya pada musim hujan
d. mengatupkan daunnya pada musim kemarau

21.Bagian luar gelas yang berisi air dingin (es) akan terasa basah.Hal ini termasuk contoh Perubahan wujud yang disebut ….
a. menguap
c. mengembun
b. mencair
d. menyublim

22.Kegiatan berikut yang hanya memanfaatkan proses penguapan adalah ….
a. penyulingan minyak
c. pembuatan es batu
b. pembuatan garam
d. pembuatan tempe dan tahu

23.Ban sepeda alif pecah saat dikendarai di suatu siang yang panas.Hal ini disebabkan ….
a. ban karet nudah pecah
b. ban sepeda alif kurang besar
c. udara dalam ban menyusut dan kurang tekanan
d. udara dalam ban memuai sehingga menekan karet ban

24.Perpindahan panas dari matahari yang ada di luar angkasa ke atmosfer bumi secara….
a. konveksi
b. aliran
b. konduksi
d. pancaran

25.Pegangan setrika listrik umumnya terbuat dari plastic,hal tersebut mempunyai manfaat Antara lain ….
a. plastik merupakan konduktor yang baik
c. plastik merupakan isolator yang baik
b. plastik memiliki harga relatif murah
d. plastik mudah didapat

26.
Gambar di atas menunjukkan adanya pengaruh arus listrik yang menghasilkan energi ….
a. panas
b. listrik
c. cahaya
d. bunyi

27.
Perhatikan gambar di atas ini !
Percobaan seperti gambar di atas untuk membuktikan salah satu sifat cahaya yaitu..
a. cahaya dapat menembus benda bening
b. cahaya dapat dibiaskan
c. cahaya dapat merambat lurus
d. cahaya dapat dipantulkan

28.Bunyi petir pada waktu hujan sampai ke telinga kita melalui….
a. ruang hampa udara dan air hujan
c. udara dan air hujan
b. ruang hampa dan air
d. udara sekitar

29. perhatikan gambar dibawah ini !

30.Bangsa Indonesia sedang menggalakkan pemanfaatan sumber daya alam sebagai
Sumber energi alternatif yaitu membuat biosolar dari ….
a. biji kedelai
c. biji kelapa
b. biji jarak
d. biji kopi

31.
Gaya yang bekerja dalam kegiatan anak pada gambar di atas adalah gaya ….
a. gesek dan pegas
b. gravitasi dan otot
c. pegas dan gravitasi
d. otot dan gaya gesek

32.
Gambar di atas merupakan tuas golongan ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

33.
Beban yang dibawa orang pada gambar di atas menjadi ringan karena terbantu oleh roda dorong sebagai ….
a. beban
b. titik pangkal
c. kuasa
d. titik tumpu

34. Ahmad belajar di rumah dari pukul 19.30 wib sampai pukul 21.00 wib. Tindakan
yang merupakan penghematan energi yang dapat dilakukan Ahmad sebelum tidur
Adalah ….
a. memadamkan semua lampu di rumah Ahmad
b. tetap menyalakan semua lampu di rumah Ahmad
c. menyalakan lampu belajar di kamar Ahmad
d. memadamkan lampu belajar di kamar Ahmad

35. Arung jeram merupakan olah raga dan rekreasi yang semakin digemari,kegiatan arung Jeram memanfaatkan sumber daya alam….
a. panas matahari
c. angin berhembus
b. arus deras
d. air tenang

36. Udara di kota-kota besar telah dicemari oleh asap kendaraan bermotor dan gas sisa Pengolahan industri.Salah satu upaya untuk memelihara kebersihan udara adalah….
a. membangun taman kota
c. merancang tempat rekreasi
b. membangun trotoar
d. melarang mendirikan pabrik

37. Salah satu dampak pemanasan global adalah tingginya permukaan air laut meningkat.Peristiwa ala mini dapat mengakibatkan ….
a. ikan-ikan di laut banyak yang mati
c. migrasi besar-besaran hewan laut
b. ekosistem biota laut punah
d. banjir di daerah pesisir pantai

38. Planet dalam tata surya yang suhu permukaannya paling tinggi dan berada paling dekat Dengan bumi adalah ….
a. Merkurius
c. Mars
b. Venus
d. Yupiter

39. Bumi yang berputar pada porosnya menimbulkan berbagai akibat,hal –hal berikut ini Yang merupakan akibat rotasi bumi ….
a.terjadinya siang malam,gerak semu harian,pembagian wilayah waktu
b.perubahan musim,geraksemu mataharidan pergantian tahun
c.terjadinya siang malam,gerak semu matahari,pasang surut air laut
d.musim hujan,musim kemarau dan pemanasan global

40.Tahun kabisat pada kalender komariah terdiri dari ….hari
a. 353
c. 355
b. 354
d. 365

Jumat, 25 Maret 2011

PREDIKSI UNSD 2011 IPA 2

Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang paling tepat!
1. Perhatikan gambar berikut!
Ciri khusus tumbuhan seperti gambar di atas adalah ….
a. hidup di air c. daun yang lebar
b. batang berongga d. bunga berwarna cerah

2. Berikut ini adalah jenis-jenis hewan dalam satu kelompok yang sama : cecak, tokek, katak, dan ikan pemanah. Jenis hewan lain yang satu kelompok dengan hewan-hewan tersebut adalah ….
a. tikus c. cacing
b. buaya d. bunglon

3. Perhatikan gambar berikut!
Cara perkembangbiakan tumbuhan seperti gambar di atas adalah ….
a. umbi lapis c. umbi akar
b. umbi batang d. akar tinggal

4. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan melahirkan adalah ….
a. kulit berbulu c. pertumbuhan janin relatif cepat
b. tidak mempunyai kelenjar susu d. mengalami masa kehamilan

5. Bagian tumbuhan karet yang dimanfaatkan untuk bahan membuat ban mobil adalah ….
a. batang c. getah
b. daun d. akar

6. Daun enau/aren oleh masyarakat pedesaan dimanfaatkan untuk ….
a. atap rumah c. bahan obat
b. bahan makanan d. bahan pakaian

7. Pelestarian badak bercula satu di Ujung Kulon bertujuan untuk ….
a. menjadikan lokasi tersebut sebagai objek wisata
b. memanfaatkan culanya untuk bahan baku obat
c. melindungi populasi hewan tersebut dari kepunahan
d. dimanfaatkan oleh penduduk sekitar

8. Perhatikan gambar berikut!
Bagian kerangka yang ditunjuk oleh no. 14 adalah ….
a. tulang pinggul c. tulang pinggang
b. tulang duduk d. tulang kemaluan

9. Perhatikan gambar berikut!
Fungsi bagian telinga yang ditunjuk nomor 3 adalah ….
a. menghubungkan rongga telinga dengan rongga mulut
b. meneruskan pesan suara ke otak
c. menangkap getaran suara dari lubang telinga
d. alat keseimbangan

10. Perhatikan gambar berikut!
Proses yang terjadi pada bagian alat pernafasan yang ditunjuk oleh gambar adalah ….
a. penyaringan udara yang masuk
b. tempat keluar masuk udara
c. penyesuaian suhu dan kelembaban udara yang masuk
d. pertukaran gas oksigen dan karbondioksida

11. Perhatikan gambar berikut!
Fungsi saluran pencernaan yang ditunjuk oleh no. 1 adalah ….
a. menyerap sari-sari makanan
b. menyerap air dan garam-garam mineral
c. menghaluskan makanan secara mekanis
d. membunuh kuman-kuman yang masuk bersama makanan

12. Perhatikan gambar berikut!
Urutan peredaran darah kecil pada gambar di atas ditunjukkan oleh nomor ….
a. 11  1  2  5  4  3
b. 11  2  4  5  1  3
c. 11  2  3  4  5  1
d. 11  1  2  3  4  5

13. Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai pengangkut air dan mineral dari akar ke bagian tumbuhan lain adalah ….
a. akar c. daun
b. batang d. bunga

14. Zat makanan yang berperan dalam proses pembekuan darah ketika seseorang terluka adalah ….
a. vitamin A c. vitamin E
b. vitamin D d. vitamin K

15. Pencegahan terhadap penularan penyakit TBC dapat dilakukan dengan cara ….
a. mandi secara teratur
b. melakukan imunisasi BCG
c. melakukan imunisasi DPT
d. banyak mengkonsumsi suplemen

16. Berikut ini yang merupakan contoh simbiosis komensalisme adalah ….
a. kupu-kupu dengan bunga
b. benalu dengan pohon mangga
c. lalat dengan bunga raflesia
d. bunga raflesia dengan tumbuhan inangnya

17. Rantai makanan yang cocok dengan ekosistem padang rumput adalah ….
a. rumput  rusa  harimau  bakteri
b. padi  tikus  ular  elang
c. phytoplankton  zooplankton  ikan kecil  ikan besar
d. padi ulat  burung pipit  burung elang

18. Keberadaan bakteri pembusuk dalam suatu ekosistem berperan sebagai ….
a. produsen c. konsumen II
b. konsumen I d. pengurai

19. Batang kaktus yang tersusun atas jaringan spons berfungsi untuk ….
a. menyimpan air c. memperkecil penguapan
b. menyerap air d. melindungi diri

20. Bentuk adaptasi yang dilakukan unta agar dapat bertahan hidup di daerah yang gersang, kering, dan panas adalah ….
a. mampu berjalan jauh
b. mampu meneguk air dalam jumlah banyak
c. mampu mengangkat beban yang berat
d. mempunyai leher yang panjang

21. Berikut ini yang merupakan contoh perubahan wujud mencair adalah ….
a. Agar-agar mengeras
b. Air membeku
c. Permukaan gelas yang basah setelah diisi air dingin
d. Margarin meleleh

22. Kegiatan berikut ini yang memanfaatkan perubahan wujud benda menguap
adalah ….
a. Menjemur pakaian basah
b. Pembuatan agar-agar
c. Pembuatan es krim
d. Mengelas logam

23. Ke dalam gelas dituang air panas kemudian ditutup. Setelah beberapa saat ketika tutup gelas dibuka pada bagian bawah tutup gelas titik-titik air. Peristiwa tersebut terjadi karena ….
a. Air yang tumpah
b. Air terlalu panas
c. Pengembunan uap air
d. Penguapan air

24. Berikut ini yang merupakan contoh peristiwa perpindahan kalor secara konveksi adalah ….
a. Duduk di sekitar api unggun
b. Menyetrika pakaian
c. Menjemur pakaian di bawah sinar matahari
d. Terjadinya angin darat dan angin laut

25. Berikut ini yang merupakan pemanfaatan benda isolator adalah ….
a. Menggunakan jaket saat tubuh kita kedinginan
b. Menggunakan alumunium untuk alat memasak
c. Kawat tembaga untuk kabel listrik
d. Menggunakan seng untuk atap rumah di daerah yang dingin

26. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang digunakan oleh alat seperti gambar di atas adalah ….
a. Energi gerak c. Energi kimia
b. Energi panas d. Energi potensial

27. Terbentuknya pelangi setelah turun hujan menunjukkan sifat cahaya ….
a. Dapat diuraikan c. Dapat dibelokkan
b. Dapat dipantulkan d. Dapat dibiaskan

28. Kegiatan berikut yang memanfaatkan bunyi pantul dalam kehidupan sehari-hari
adalah ….
a. Memainkan alat musik
b. Memeriksa kualitas benda yang terbuat dari logam
c. Mendengarkan musik
d. Melapisi dinding ruangan dengan karpet

29. Perhatikan gambar berikut!
Jika lampu A diputus, maka lampu yang tidak menyala pada rangkaian tersebut adalah ….
a. Lampu B c. Lampu B dan C
b. Lampu C d. Semua lampu menyala

30. Berikut ini yang merupakan contoh sumber energi alternatif adalah ….
a. Gas alam c. Batubara
b. Solar d. Panas bumi

31. Perhatikan gambar berikut!
Pengaruh gaya pada kegiatan seperti gambar di atas adalah ….
a. Menggerakkan benda diam
b. Merubah bentuk benda
c. Merubah arah gerak benda
d. Merubah kecepatan gerak benda

32. Perhatikan gambar berikut!


Titik kuasa pada gambar diatas terletak pada posisi ….
a. A c. C
b. B d. D

33. Pada kegiatan pembangunan gedung bertingkat jenis pesawat sederhana yang dapat digunakan untuk mengangkat bahan bangunan dari lantai satu ke lantai 10 adalah ….
a. Katrol c. Roda berporos
b. Tuas d. Bidang miring

34. Untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal banyak sekali lahan pertanian yang dialihfungsikan menjadi perumahan. Akibatnya sumber energi makanan terutama makanan pokok menjadi mahal harganya. Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah ….
a. Meningkatkan intensifikasi pertanian yang ramah lingkungan
b. Mengimpor beras sebanyak-banyaknya
c. Mengganti bahan makanan pokok dengan bahan makanan yang lain
d. Menggunakan pupuk urea untuk meningkatkan kesuburan tanah

35. Saat udara dingin akan sangat nyaman jika kita menggunakan baju hangat dari bahan wol. Sumber daya alam yang digunakan untuk membuat bahan pakaian tersebut adalah ….
a. Bunga kapas
b. Kepompong ulat sutra
c. Serat sintesis
d. Bulu domba

36. Kegiatan berikut yang dapat merusak lingkungan adalah ….
a. Menggunakan air rendaman kulit kayu untuk menghilangkan hama tanaman
b. Mengubur sampah daun dalam tanah
c. Memelihara anak orang utan di rumah
d. Melindungi telur-telur penyu di pantai dan membiarkannya menetas

37. Salah satu dampak pemanasan global adalah tinggi permukaan laut meningkat. Peristiwa alam ini dapat mengakibatkan ….
a. Ikan-ikan di laut banyak yang mati
b. Ekosistem biota laut mengalami kepunahan
c. Migrasi besar-besaran hewan laut
d. Banjir di daerah pesisir atau pantai

38. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri dari planet Mars adalah ….
a. Berwarna merah
b. Tidak mempunyai satelit
c. Dikelilingi oleh cincin yang besar
d. Dilapisi atmosfer yang tebal

39. Akibat dari gerak revolusi bumi adalah ….
a. Terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
b. Terjadinya gerak semu harian matahari
c. Perbedaan waktu di berbagai wilayah
d. Terjadinya perubahan musim

40. Dasar perhitungan kalender komariyah atau hijriyah adalah …
a. Peredaran bumi mengelilingi matahari
b. Peredaran bulan mengelilingi bumi
c. Peredaran bulan mengelilingi matahari
d. Peredaran bumi pada porosnya

Rabu, 23 Maret 2011

KISI-KISI UNSD IPA 2011

INDIKATOR UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR (UNSD)
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Mata Pelajaran : IPA

1. Disajikan gambar hewan/tumbuhan tertentu, siswa dapat menjelaskan ciri khusus yang ada pada hewan/tumbuhan tersebut
2. Disajikan beberapa nama hewan/tumbuhuan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan tumbuhan/hewan lain yang termasuk kelompok itu.
3. Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat menetukan cara perkembangbiakannya.
4. Siswa dapat menentukan ciri-ciri hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya.
5. Siswa dapat menentukan manfaat bagian dari tubuh hewan/tumbuhan tertentu bagi manusia dan lingkungannya.
6. Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan bahan tertentu dari hewan/tumbuhan di suatu daerah.
7. Siswa dapat menjelaskan pentingnya pelestarin hewan/tumbuhan langka.
8. Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar.
9. Disajikan gambar alat indra beserta bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk.
10. Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat penapasan berdasarkan gambar.
11. Disajikjan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi organ atau saluran pencernaan yang ditandai.
12. Siswa dapat menentukan urutan sirkulasi aliran darah pada salah satu system peredaran darah manusia berdasarkan gambar.
13. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan.
14. Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan (gizi) bagi kesehatan tubuh manusia.
15. Siswa dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit menular pada manusia.
16. Siswa dapat menentukan contoh bentuk hubungan antara dua makhluk hidup (salah satu simbiosis)
17. Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu.
18. Siswa dapat menentukan peran makhluk hidup tertentu dalam suatu ekosistem.
19. Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk/keadaan tubuh hewan/tumbuhan tertentu bagi kelangsungan hidupnya. Kel. :c
20. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu untuk kelangsungan hidupnya.
21. Siswa dapat menyebutkan contoh perubahan wujud benda tertentu (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim)
22. Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim)
23. Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu pada kegiatan tersebut.
24. Siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan atau peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
25. Siswa dapat menjelaaskan pemanfaatan benda konduktor dan isolator.
26. Disajikan gambar alat atau pernyataan yang berkaitan dengan energy, siswa dapat mengidentifikasi bentuk energy yang digunakan atau dihasilkan.
27. Disajikan gambar percobaan atau pernyataan yang berkaitan dengan cahaya, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat cahaya.
28. Siswa dapat menyebutkan manfaat bunyi pantul dalam kehidupan sehari-hari.
29. Disajikan gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa lampu, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus.
30. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energy alternative.
31. Disajikan gambar atau pernyataan kegiatan tertentu, siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak atau bentuk suatu benda.
32. Disajikan gambar tuas, siswa dapat menentukan letak beban atau kuasa atau titik tumpu.
33. Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai untuk digunakan pada kegiatan tersebut.
34. Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara-cara atau manfaat penghematan energy tertentu.
35. Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, 36. siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan,siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak kelestarian sumber daya alam atau dapat menentukan cara untuk melestarikan sumber daya alam.
37. Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkannya.
38. Siswa dapat menentukan urutan tata letak atau cirri-ciri planet dalam tata surya.
39. Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi.
40. Siswa dapat menyebutkan dasar perhitungan penanggalan masehi atau komariyah.

Selasa, 22 Maret 2011

PREDIKSI UNSD 2011 IPA 1

Berilah tanda silang ( X ) pada huruf A, B , C , atau D di depan jawaban yang tepat !

1.
Ciri khusus yang dimiliki oleh hewan pada gambar di atas adalah ….
a. memiliki telinga yang lebar untuk melepaskan panas
b. menggertak agar terhindar dari musuhnya
c. menggulungkan tubuhnya agar aman dari musuh
d. memiliki lapisan lemak di bawah kulitnya dan bulu yang tebal

2.
No. Jenis Tumbuhan
1 kiambang
2 hidrilla
3 seroja
4 teratai
5
Tumbuhan lain yang termasuk dalam kelompok tumbuhan di atas adalah ….
a. eceng gondok
b. kaktus
c. lumut
d. tumbuhan batu

3.
Cara perkembangbiakan tumbuhan pada gambar di atas adalah ….
a. tunas adventif
b. umbi lapis
c. umbi batang
d. rhizoma

4. Hewan yang berkembangbiak dengan cara ovipar diantaranya memiliki ciri ….
a. memiliki kelenjar susu
b. menyusui anaknya
c. berdaun telinga
d. tidak memiliki daun telinga

5. Yang merupakan manfaat tanaman cendana adalah ….
a. kayunya dapat digunakan sebagai obat kulit (antiseptik).
b. digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan.
c. menghasilkan resin.
d. dijadikan bahan makanan.

6. Tujuan penggunaan gading gajah oleh manusia adalah ….
a. sebagai prestise bagi si pemilik
b. dijadikan sebagai obat
c. dijadikan benda seni atau hiasan yang bernilai tinggi
d. dijadikan bahan pangan.

7. Taman Nasional Ujung Kulon bertujuan untuk melindungi ….
a. banteng agar dimanfaatkan oleh manusia
b. badak bercula satu agar tidak punah
c. orang utan agar tetap lestari
d. harimau agar tidak diburu manusia

8.
Bagian kerangka manusia yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah ….
a. tulang selangka
b. tulang lengan atas
c. tulang belikat
d. tulang dada

9.
Bagian mata yang ditunjukkan oleh nomor 5 pada gambar di atas adalah ….
a. tempat jatuhnya bayangan benda
b. meneruskan cahaya yang masuk ke mata
c. menggerakkan bola mata
d. memberi warna pada mata

10.
Proses pernapasan yang terjadi pada gambar di atas adalah ….
a. tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida
b. persimpangan antara saluran makanan dan saluran udara pernapasan
c. penyaringan, penghangatan, dan pengawasan kelembaban udara
d. menutup dan mengangkat jakun agar makanan dan air masuk ke tenggorokan

11.
Fungsi organ pencernaan yang ditunjukkan oleh anak panah pada gambar di atas adalah ….
a. menyerap sari makanan untuk diedarkan ke seluruh tubuh
b. mengencerkan makanan agar mudah dicerna
c. menggilas dan menghaluskan makanan
d. membunuh kuman dan mencerna makanan menjadi zat yang lebih sederhana

12.



Urutan sirkulasi aliran darah manusia pada sistem peredaran darah kecil manusia adalah ….
a. bilik kanan – paru-paru – serambi kiri
b. serambi kanan – paru-paru – bilik kiri
c. bilik kiri – seluruh tubuh – serambi kanan
d. serambi kiri – seluruh tubuh – bilik kanan

13. Fungsi daun pada tumbuhan adalah ….
a. tempat terjadinya pertumbuhan
b. tempat mengedarkan sari makanan ke seluruh bagian tumbuhan
c. tempat mengisap zat hara untuk pertumbuhan
d. tempat terjadinya proses fotosintesis

14. Fungsi lemak bagi kesehatan manusia adalah ….
a. membangun sel-sel baru
b. menghasilkan kalori
c. mempertahankan suhu tubuh
d. menyeimbangkan cairan dalam tubuh

15. Cara pencegahan penyakit flu burung yang paling tepat adalah ….
a. menjaga kebersihan badan dan lingkungan
b. berolah raga yang teratur
c. banyak mengonsumsi vitamin
d. cukup tidur dan istirahat

16. Hubungan yang terjadi antara pohon anggrek dengan tumbuhan inangnya adalah ….
a. simbiosis mutualisme
b. simbiosis parasitisme
c. simbiosis komensalisme
d. simbiosis amensalisme

17. Rantai makanan yang cocok pada komunitas sawah adalah ….
a. lumut – ikan – ular – bakteri
b. pohon padi – tikus – ular – bakteri
c. rumput – kijang – harimau – bakteri
d. rumput – ulat – burung – bakteri

18. Dalam suatu ekosistem padang rumput terdiri dari : rumput – kelinci – serigala – bakteri. Yang berperan sebagai produsen adalah ….
a. bakteri
b. kelinci
c. serigala
d. rumput

19. Fungsi pneumatofora (akar napas) pada tumbuhan bakau adalah ….
a. menyanggah pohon bakau agar tidak roboh
b. menyerap udara dan menyalurkannya ke bagian akar
c. tempat berlindung ikan dan kepiting laut
d. tempat terjadinya proses fotosintesis

20. Bentuk adaptasi pada platipus yaitu memiliki selaput pada kaki dan paruhnya menyerupai bebek disebut ….
a. adaptasi morfologi
b. adaptasi fisiologi
c. adaptasi tingkah laku
d. adaptasi psikologi

21. Pada peristiwa perubahan wujud benda di bawah ini yang merupakan contoh peristiwa menyublim adalah ….
a. air menjadi es
b. air menjadi uap
c. coklat padat menjadi cair
d. kapur barus menjadi gas

22. Membentuk timah cair menjadi bentuk-bentuk tertentu memanfaatkan peristiwa perubahan wujud benda yaitu ….
a. membeku
b. mengembun
c. mencair
d. menyublim

23. Contoh peristiwa panas dapat menyebabkan benda gas memuai.adalah ….
a. rel kereta api dipasang renggang
b. pemasangan kabel listrik pada tiangnya agak kendur
c. permukaan air ketika dimasak lebih tinggi
d. balon yang terikat pada labu enlenmeyer yang dipanaskan akan mengembang

24. Terjadinya angin dan darat dan angin laut disebabkan oleh perpindahan panas secara ….
a. radiasi
b. konveksi
c. konduksi
d. kondensasi

25. Panci dibuat dari bahan alumunium dengan tujuan ….
a. agar lebih cepat matang
b. agar kelihatan lebih indah
c. harganya murah
d. bersifat isolator panas

26.
Bentuk energi yang dihasilkan dari gambar di atas adalah ….
a. energi gerak
b. energi kimia
c. energi listrik
d. energi potensial

27.
Sifat cahaya yang sesuai dengan gambar di atas adalah ….
a. cahaya merambat lurus
b. cahaya dapat dipantulkan
c. cahaya menembus benda bening
d. cahaya dapat diuraikan

28. Yang tidak termasuk manfaat pemantulan bunyi adalah ….
a. periskop
b. ultasonografi (USG)
c. ekolokasi
d. sinar-X

29.
Pada rangkaian listrik di atas jika lampu B diputus, maka lampu yang menyala adalah….
a. lampu A
b. lampu B
c. lampu B dan lampu
d. lampu A dan lampu C

30. Energi alternatif selain baterai yang biasa digunakan pada kalkulator adalah ….
a. energi kimia
b. energi surya
c. energi listrik
d. energi kinetik

31.
Pengaruh gaya yang paling utama terhadap benda pada gambar di atas adalah ….
a. gaya dapat mengubah arah gerak benda
b. gaya dapat mengubah bentuk benda
c. gaya dapat membuat benda bergerak lebih cepat
d. gaya dapat membuat benda berhenti bergerak

32.
Letak titik tumpu pada pesawat sederhana jenis tuas/pengungkit pada gambar di atas adalah ….
a. A
b. B
c. AB
d. AC

33.
Jenis pesawat sederhana yang digunakan pada gambar di atas adalah ….
a. tuas
b. roda
c. bidang miring
d. katrol

34. Minyak bumi sebagai sumber bahan bakar semakin berkurang ketersediaannya di alam. Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk membantu upaya penghematan minyak bumi adalah ….
a. selalu menggunakan mobil pribadi untuk bepergian
b. menggunakan kompor minyak tanah untuk memasak
c. menggunakan sepeda motor ke tempat yang jaraknya dekat
d. menggunakan sepeda atau berjalan kaki ke tempat yang jaraknya dekat

35. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan bahan bakar LPG untuk memasak. LPG termasuk jenis sumber daya alam ….
a. yang dapat diperbaharui
b. yang tidak dapat diperbaharui
c. nabati
d. non hayati

36. Daerah di sekitar pantai sudah banyak yang terabrasi oleh air laut sehingga luas daratan menjadi berkurang. Untuk mencegah pengikisan pantai oleh abrasi air laut tersebut dapat dilakukan dengan cara….
a. menanam tanaman bakau
b. membuat tambak bandeng
c. membuat kolam pembuatan garam
d. menanam rumput laut

37. Dampak yang timbul dari letusan gunung berapi yang mengeluarkan cairan panas jika bercampur dengan air hujan dapat mengakibatkan ….
a. lahan pemukiman semakin luas
b. banjir lahar dingin
c. lingkungan hidup menjadi rusak
d. lahan pertanian semakin luas

38. Planet ini disebut juga Planet Biru,berdiameter 12.756,3 km, jarak ke matahari 150 juta km, kala rotasi 24 jam, kala revolusi 365,25 hari, suhu -880 C sampai 57,7 0 C,diselimuti atmosfer adalah ciri-ciri dari planet ….
a. merkurius
b. venus
c. bumi
d. mars

39. Akibat revolusi bumi adalah ….
a. Terjadinya siang dan malam
b. Terjadinya perbedaan musim
c. terjadinya perbedaan waktu
d. tejadinya gerak semu harian matahari

40. Dasar perhitungan kalender masehi adalah ….
a. rotasi bulan
b. revolusi bulan
c. rotasi bumi
d. revolusi bumi

Senin, 21 Maret 2011

INDRA PENDENGAR




a. Telinga luar : daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar
Fungsi : menangkap gelombang bunyi dan menyalurkannya ke telinga tengah
b. Telinga tengah :
- gendang telinga (fungsi : bergetar bila menerima gelombang bunyi)
- tiga tulang pendengar (fungsi : menghubungkan gendang telinga dengan tingkap jorong)
- saluran eustachius (fungsi : menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut)
c. Telinga dalam :
- tingkap jorong (fungsi : alat keseimbangan dan organ pendengaran)
- rumah siput
Proses mendengar :
Getaran suara/bunyi > masuk ke liang telinga > menggetarkan gendang telinga > menggetarkan tulang pendengaran > getaran menuju ke saraf pendengaran > menuju pusat pendengaran di otak > terjadi proses mendengar

Minggu, 20 Maret 2011

SIMBIOSIS

Simbiosis : hubungan dua makhluk hidup yang berbeda tetapi sangat erat
a. mutualisme (keduanya untung) : bunga dengan kumbang, kerbau dengan burung jalak, ….
b. parasitisme (satu untung, yang lain rugi) : pohon inang dengan benalu/ tali putri,…
c. komensalisme (satu untung, yang lain tidak berpengaruh) : hiu dengan remora, anggrek
dengan pohon inang, ….
D. amensalisme (satu rugi, yang tidak berpengaruh) : jamur penicilium dengan bakteri

PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN

Cara Perkembangbiakan Tumbuhan
A. Generatif (alami dan buatan) : tumbuhan biji/bunga
- alami : seranga, angin, air/hujan , (mangga, jambu, duren, ….)
- buatan : manusia (salak, vanili, …)

Bagian-bagian bunga
a. tangkai bunga : penghubung batang dengan bunga
b. dasar bunga : ujung tangkai bunga yang membesar
b. kelopak bunga : melindungi bunga pada saat belum mekar
c. mahkota bunga : perhiasan bunga
d. putik : alat kelamin betina
e. benang sari : alat kelamin jantan

Penyerbukan
1. penyerbukan sendiri :bila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri
2. penyerbukan tetangga : bila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain yang masih dalam satu pohon
3. penyerbukan silang : bila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain yang tidak dalam satu pohon tetapi masih satu jenis tumbuhan
4. penyerbukan bastar : bila srerbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain yang sejenis tetapi berbeda varietas.




B. Vegetatif :
1) vegetatif alami :
a. spora : ganggang, lumut, tumbuhan paku, ….
b. tunas : pohon pisang, pohon bambu,pisang-pisangan, ….
c. rhizome (akar tinggal) : jahe, kunyit, kencur, ….
d. umbi lapis : bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bakung,
e. umbi batang : kentang, umbi jalar, ….
f. tunas daun : cocor bebek, ….
g. stolon (geragih) : pohon strawberi, ….
h. umbi akar : wortel, lobak, kentang, ….
i. membelah diri : ganggang hijau
2) vegetatif buatan :
a. mencangkok : pohon mangga harum manis dgn mangga indramayu, pohon jambu, ….
b. menyetek : singkong, ubi jalar, ….
c. mengenten : pohon durian, pohon alpukat, ….
d. merunduk : pohon apel, pohon arbei, pohon bunga bougenvil, ….
e. menempel(okulasi) : pohon jeruk, pohon mangga, ….

Mencangkok : hasil = induk
Merunduk : hasil = induk
Menyetek : hasil = induk
Menempel : hasil > induk
Mengenten : hasil > induk

CIRI KHUSUS HEWAN DAN TUMBUHAN

1. Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan
A. Hewan :
a. elang : penglihatannya tajam,
b. burung hantu : penglihatannya tajam,
c. cecak : kaki berperekat, lidah lengket,
d. tokek : kaki berperekat, lidah lengket,
e. katak : lidah yang panjang dan lengket
f. Cecak : lidah yang panjang dan lengket
g. kelelawar : ekolokasi
h. Lumba-lumba : ekolokasi
i. cecak : outotomi
j. kadal : outotomi
k. Bunglon : lidah panjang dan lengket,
l. Cecak : lidah panjang dan lengket,
m. Lumba-lumba : bernapas dgn paru-paru dan memiliki kelenjar susu
n. Paus : bernapas dgn paru-paru dan memiliki kelenjar susu
o. Penguin : memiliki lapisan lemak di bawah kulitnya dan memiliki bulu yang tebal

B. Tumbuhan :
a. jarum tusam : daun berbentuk duri
b. kaktus : daun berbentuk duri
c. kantong semar : insektivora
d. venus flytrap : insektivora
e. embun matahari : insektivora
f. eceng gondok : batang berongga
g. teratai : batang berongga
h. genjer : batang berongga
i. padi : menggulung daun
j. jagung : menggulung daun
k. ammorpophalus tytanum (bunga bangkai) : mengeluarkan bau tidak sedap
l. raflessia : mengeluarkan bau tidak sedap

MAGNET

Magnet atau kemagnetan adalah kemampuan suatu benda untuk menarik benda-benda lain yang berada di sekitarnya.
Berdasarkan kemagnetannya, benda dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
1.Benda magnetik (disebut juga Feromagnetik)
Benda magnetik yaitu benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan cukup kuat.
Contoh: besi, baja, nikel, kobalt.
2.Benda bukan Magnetik (non magnetik) Terbagi menjadi:
a.Paramagnet:
Paramagnetik yaitu benda yang dapat sedikit ditarik oleh magnet kuat.
Contoh: alumunium, platina, tembaga.
b.Diamagnetik:
Diamagnetik yaitu benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet kuat.
Contoh: merkuri, emas, bismut, seng.
c. Magnet keras : adalah benda yang sukar dijadikan magnet, tetapi setelah menjadi magnet, sifat kemagnetannya tersimpan lama.
Contoh: baja, alkomak, kobalt.
d. Magnet lunak adalah benda yang mudah dijadikan magnet tetapi tidak menyimpan lama sifat kemagnetannya.
Contoh: besi.
MEDAN MAGNET
Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet di mana magnet lain masih dapat dipengaruhi oleh gaya magnet jika berada pada daerah itu.
Garis gaya magnet adalah pola garis yang terbentuk di sekitar medan magnet.
Sifat garis gaya magnet adalah:
1.Garis gaya magnet keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan,
2.Garis gaya magnet tidak pernah berpotongan,
3. Tempat yang mempunyai garis gaya magnet yang rapat, menunjukkan medan magnet yang kuat.
GAYA ANTAR KUTUB MAGNET
Magnet mempunyai 2 kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.
KUTUB MAGNET
Magnet memiliki dua kutub yaitu:
- Kutub utara (U) : selalu menunjuk ke arah utara bumi.
- Kutub Selatan (S): selalu menunjuk ke arah selatan bumi.
Kutub-kutub sejenis tolak menolak Kutub-kutub tidak sejenis —> tarik-menarik
TEORI KEMAGNETAN
1.Sebuah magnet selalu tersusun atas magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer,
2.Pada benda magnetik, magnet elementer tersusun secara teratur, tetapi pada benda nonmagnetik, magnet elementernya tersusun secara acak,
3.Prinsip membuat magnet adalah menjadikan magnet elementer yang semula acak (tidak teratur) menjadi teratur dan searah,
4.Magnet elementer pada magnet lunak mudah diatur sehingga mudah dijadikan magnet,
5.Magnet elementer pada magnet keras sukar diatur sehingga sukar dijadikan magnet,
6.Pada benda yang sudah menjadi magnet, jika benda tersebut dipotong, maka masing-masing potongan tetap mempunyai kutub utara dan kutub selatan.
CARA MEMBUAT MAGNET
Ada 3 cara untuk membuat magnet:
1.Dengan cara menggosok,
2.Dengan cara induksi (didekatkan tanpa menyentuh),
3. Dengan menggunakan arus listrik.
Untuk menghilangkan sifat kemagnetannya dapat dilakukan dengan cara:
1.Dipanaskan (pemanasan),
2.Dipukul (pemukulan).
Dalam kehidupan sehari-hari gaya magnet digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengambil benda-benda dari logam, penunjuk arah, mengubah energi listrik menjadi energi bunyi, menghasilkan listrik, menggantikan roda pada kereta api maglev, dan merapatkan dua benda.
1. Mengambil Benda-Benda dari Logam
Masih ingatkah kamu benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet? Benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet adalah bahan yang terbuat dari logam seperti besi, baja, dan nikel. Dengan adanya sifat itu, magnet digunakan pada beberapa peralatan untuk mempermudah mengambil benda dari logam. Peralatan tersebut antara lain gunting, obeng, tang, dan alai pengangkut besi tua.
Tahukah kamu bahwa beberapa gunting, obeng, dan tang memiliki magnet pada bagian ujungnya? Ujung-ujung gunting dibuat bermagnet agar mudah mengambil dan mencari jarum. Ujung obeng dibuat bermagnet agar sekrup yang akan dipasangkan menempel pada ujung obeng sehingga mudah memasangnya.
Alat pengangkut besi tua menggunakan elektromagnet yang dialiri arus listrik kuat untuk mengangkut besi tua. Besi tua akan menempel pada alas pengangkut selama arus listrik terns mengalir. Bila arus listrik dimatikan, besi tua akan berjatuhan.
Alat tersebut juga berfungsi memisahkan besi dan baja tua dengan benda-benda lain yang bukan logam. Besi dan baja tua yang telah ‘an akan dilebur untuk dibentuk menjadi besi clan baja yang bars.
2. Penunjuk Arah
Magnet dapat digunakan untuk menunjukkan arah karena kutub-kutub magnet selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Alat yang memanfaatkan sifat magnet tersebut adalah kompas. Kompas adalah alat penunjuk arah mata angin. Di dalam kompas terdapat magnet berbentuk jarum yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Sehingga dapat digunakan untuk menunjukkan arah mata angin. Kompas digunakan oleh pelaut, pendaki gunung, dan pilot untuk membantu menunjukkan jalan.
3. Membantu dalam Perubahan Energi
Coba kamu perhatikan beberapa peralatan listrik seperti televisi dan radio. Apakah kamu bisa melihat magnet pada peralatan tersebut? Meskipun tidak terlihat, beberapa peralatan tersebut menggunakan magnet pada bagian pengeras suara (speaker). Fungsi magnet pada speaker adalah mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.
4. Menghasilkan Listrik
Magnet dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar dan kecil. Salah satu alat yang menggunakan magnet untuk menghasilkan listrik adalah dinamo sepeda.
Pada dinamo sepeda, magnet menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil yang digunakan untuk menyalakan lampu sepeda.
5. Merapatkan Dua Benda
Coba perhatikan pintu lemari es. Mengapa pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat? Hal tersebut dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadi magnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Pintu lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.
Beberapa benda lain yang menggunakan magnet adalah kotak pensil dan tas. Magnet dapat menjaga kotak pensil dan tas menutup dengan rapat sehingga berbagai benda di dalamnya tidak mudah jatuh.
Beberapa pintu menggunakan magnet agar pintu tidak mudah menutup jika tertiup angin. Magnet tersebut diletakkan di balik pintu dengan besi atau baja menempel pada belakang pintu.

6. Menggantikan Roda pada Kereta Api Maglev
Kereta api jenis maglev adalah kereta api modern yang bergerak tidak menggunakan roda tetapi menggunakan magnet. Kereta api maglev bergerak melayang di atas rel yang terbuat dari magnet. Oleh karena itu kereta api ini disebut maglev, singkatan dari magnetic levitation yang artinya mengapung di atas magnet.

BUMI

TANAH
Tanah adalah lapisan kulit bumi yang tipis dan terletak di permukaan bumi paling atas.
Susunan horizon tanah :
1. Horizon O : permukaan tanah
2. Horizon A : humus
3. Horizon E : zona pencucian
4. Horizon B : lapisan tanah sebelah bawah
5. Horizon C : bahan induk - lapisan batuan

Secara umum lapisan tanah :
1. Lapisan tanah atas : gembur, hitam, horizon O dan A, subur, banyak humus, cocok untuk tanaman
2. Lapisan tanah bawah: berwarna lebih muda, kemerah-merahan, lengket, padat, horizon E dan B, sedikit humus, kurang subur, tanah liat, mengandung banyak mineral, berasal dari pelapukan batuan induk, untuk membuat barang kerajinan dan alat rumah tangga.
3. Lapisan induk : horizon C, terdiri dari lapisan batuan yang belum seluruhnya lapuk

Pembentukan tanah :tanah terbentuk dari pelapukan atau erosi batuan yang bercampur dengan bahan organik.
Pelapukan batuan : peristiwa hancurnya batuan menjadi butiran yang lebih halus.
Pelapukan berdasarkan penyebabnya dibagi 3 :

a. Pelapukan fisis : proses pelapukan batuan karena pengaruh suhu, hujan, dan angin.
b. Pelapukan kimiawi : pelapukan yang menghasilkan perubahan zat mineral pembentuk batuan.
c. Pelapukan biologi : pelapukan yang terjadi karena peran makhluk hidup.
Misalnya : lichen (lumut kerak), lumut, akar tanaman, humus dari daun.

Jenis-jenis tanah :
1. Tanah liat : tanah yang kandungan liatnya mencapai 65%.
2. Tanah pasir : tanah yang mengandung butiran-butiran pasir.
3. Tanah lempung (debu) : perpaduan antara tanah liat, lumpur, dan pasir.
4. Tanah humus : tanah yang berasal dari tumbuhan dan hewan kecil yang membusuk kemudian bercampur membentuk lapisan tanah.
5. Tanah gambut (tanah organik) : tanah yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan membusuk dan air.tanah kapur : tanah yang sebagian besar terdiri dari kapur.
6. Tanah vulkanik : tanah yang berasal dari letusan gunung berapi.

Cara merawat tanah :
1. Pemupukan
2. Mencegah terjadinya erosi
3. Penggemburan tanah
4. Menghindari pencemaran tanah (polusi tanah

Komposisi Tanah :
1. Tanah Humus
a. Berasal dari pelapukan sisa hewan dan tumbuhan yang membusuk
b. Berwarna kehitaman
c. Sangat baik untuk pertanian
d. Kemampuan menyerap air sangat tinggi
e. Dapat menggemburkan tanah

2. Tanah Liat atau Tanah Lempung
a. Butiran-butiran tanahnya halus
b. Setiap butiran saling melekat satu sama lain sehingga waktu basah menjadi lengket
c. Sukar menyerap air
d. Sering dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan, seperti gerbah, batu bata.
e. Tumbuhan sangat sulit tumb uh di tanah liat
3. Tanah Pasir
a. Butiran pasirnya sangat banyak
b. Mudah menyerap air
c. Tumbuhan sulit tumbuh di tanah pasir
4. Tanah Vulkanik
a. Banyak mengandung unsur hara
b. Warnanya lebih gelap
c. Berasal dari gunung berapi
d. Sangat mudah menyerap air
e. Sangat subur untuk lahan pertanian
5. Tanah Kapur
a. Mengandung bebatuan
b. Mudah dilalui air
c. Mengandung sedikit humus

BATUAN
Berdasarkan proses pembentukannya, batuan dibedakan menjadi 3 :
1. Batuan Beku : batuan yang terbentuk dari magma yang membeku.
Ciri-ciri :
- Homogen
- Tidak ada pelapisan
- Tidak mengandung fosil
Contoh batuan beku :
a. Batu granit : terbentuk dari lava yang membeku dan berlangsung sangat lama.
Ciri-ciri : berwarna putih, kelabu, merah, atau merah muda.
Kegunaan : untuk pahatan, pelapis bagian depan gedung dan dinding, sebagai ubin.
b. Batu obsidian : batu berkilau yang terbentuk dari lahar dingin yang membeku sangat cepat.
Ciri-ciri : berwarna hitam, coklat tua, atau merah, tekstur yang licin dan keras.
Kegunaan : mata tombak zaman purba,
c. Batu apung : berasal dari letusan gunung berapi yang terbentuk dari lava yang mengandung banyak gas.
Ciri-ciri : memiliki banyak rongga, ringan, dan mengapung di air.
Kegunaan : bahan penggosok alat-alat rumah tangga, mengapelas, bahan campuran semen.
d. Batu basal

2. Batuan Sedimen : batuan yang terbentuk dari proses pengendapan lumpur dan mineral dalam air sungai.
Ciri-ciri :
- Strukturnya berlapis-lapis.
Contoh batuan sedimen :
a. Batu gamping : batuan sedimen yang terbuat dari dari mineral kalsit, beberapa terbuat dari fosil kerang laut.
Kegunaan : untuk industri baja, gelas, semen.
b. Batu konglomerat : terdiri dari kerikil yang permukaannya licin dan direkatkan oleh butir-butir yang lebih halus.
Ciri- ciri : berwarna hitam keabu-abuan.
Kegunaan : batu hiasan
c. Batu bara : berasal dari tumbuhan yang mati dan membusuk pada jutaan tahun yang lalu.
Ciri-ciri : berwarna hitam
Kegunaan : bahan bakar.
d. Batu kapur
e. Batu serpih
f. Batu pasir
3. Batu Metamorf (Batuan Malihan) : berasal dari batuan beku atau batuan sedimen akan berubah secara fisik dan kimiawi sehingga menjadi berbeda dari batuan induknya.
Contoh batuan metamorf :
a. Batu sabak : batuan metamorf yang berasal dari batuan sedimen yang berbutir halus.
b. Batu marmer (pualam) : batuan metamorf yang berstruktur sangat indah, berasal dari batu kapur yang mengalami perubahan karena tekanan dan suhu yang sangat tinggi di dalam bumi.
c. Batu gneiss : perubahan bentuk dari batuan beku granit, batuan metamorf yang sangat kuat, tahan terhadap suhu dan tekanan tinggi..
Digunakan untuk ubin dan dinding bangunan.
d. Batu kuarsa



STRUKTUR BUMI
Struktur bumi :
1. Kerak bumi
- Lapisan kulit bumi paling luar
- Lapisan paling tipis
- Lapisan paling dingin
- Suhu bagian bawah 1.100 derajat Celcius
- Terdapat gunung, lautan, dan daratan
- Tempat makhluk hidup tinggal
2. Mantel (selubung) Bumi
- Tebal kl 2.900 km
- Batuan yang mengandung silikon, oksigen, dan alumunium
- Suhu di bagian bawah mencapai 3.000 derajat Celcius
3. Inti Bumi : terdiri dari inti dalam dan inti luar
a. Inti luar :
- terdiri dari cairan yang meleleh (magma)
- tebal kl 2.200 km
- suhu mencapai 2.200 derajat Celcius
b. inti dalam
- tersusun dari besi dan nikel padat
- berbentuk bola dengan diametee 2.700 km
- suhu mencapai 4.500 derajat Celcius

AIR


1. Daur Air (siklus air) adalah peredaran air di bumi yang terjadi secara terus-menerus seperti arah lingkaran.
Air hujan turun dari awan kemudian meresap ke dalam tanah, atau disimpan di danau, sungai, dan laut. Adanya sinar matahari menyebabkan sejumlah air menguap ke atas membentuk awan tipis. Lama-kelamaan, uap air yang berkumpul semakin banyak sehingga terbentuk awan tebal. Akibat pengaruh suhu dan tekanan, uap air mengembun menjadi titik-titik air dan akhirnya jatuh sebagai air hujan. Sebagian air hujan meresap ke dalam tanah, sebagian yang lain mengalir di permukaan bumi.

2. Kegiatan yang memengaruhi ketersediaann air :
a. Penebangan pohon di hutan
b. Pencemaran air
c. Pembangunan gedung, perumahan, dan jalan

3. Cara menghemat air :
a. Tidak berlebihan ketika menggunakan air
b. Tidak membiarkan air luber
c. Tidak menggunakan air untuk hal-hal yang tidak berguna
d. Mendaur ulang air

4. Manfaat hemat air :
a. Ketersediaan air bersih di alam teerjaga
b. Kebutuhan pokok manusia tidak terganggu
c. Kesehatan masyarakat lebih terjaga
d. Pengairan akan tercukupi
e. Biaya akan lebih mudah

5. Dampak negatif akibat pemborosan air :
a. Mempercepat habisnya air bersih
b. Pencemaran air di alam semakin tinggi
c. Pemenuhan kebutuhan masyarakat akan terganggu
d. Meningkatnya penyakit
e. Biaya akan boros

PRAKTIK

JADWAL KEGIATAN

I. Ujian Sekolah Praktek (USP) : 4 s/d 8 April 2011
1. Agama
2. Al Qur’an
3. Bahasa Indonesia
4. IPA
5. Bahasa Inggris
6. Penjaskes
7. SBK
8. IT

II. Ujian Sekolah Tulis (UST) : 18 s/d 21 April 2011
1. Agama
2. Al Qur’an
3. PKn
4. Bahasa Indonesia
5. Matematika
6. IPA
7. IPS
8. Bahasa Inggris

III. Ujian Nasional (UN) : 10 s/d 12 Mei 2011
1. Bahasa Indonesia : Selasa, 10 Mei 2011 pukul 08.00 – 10.00
2. Matematika : Rabu, 11 Mei 2011 pukul 08.00 – 10.00
3. IPA : Kamis, 12 Mei 2011 pukul 08.00 – 10.00

IV. Ujian Nasional (UN) Susulan : 17 s/d 19 Mei 2011

V. Materi

2. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
a. Bab Toharah :
1. Niat berwudu
2. Cara Berwudu
3. Doa sesudah Berwudu
4. Niat Tayamum
5. Cara Tayamum

b. Bab Sholat :
1. Niat Sholat 5 waktu
2. Bacaan dan arti sholat
3. Cara sholat
4. Dzikir dan doa sesudah sholat
5. Praktik sholat jenazah
c. Doa Harian :
1. Doa kedua orang tua
2. Doa mau belajar
3. Doa mau makan
4. Doa sesudah makan
5. Doa mau tidur
6. Doa bangun tidur
7. Doa masuk WC
8. Doa keluar WC
9. Doa naik kendaraan
10. Doa masuk masjid
11. Doa keluar masjid
12. Doa sesudah duha
13. Doa sesudah adzan
14. Doa untuk orang sakit
15. Doa untuk orang meninggal

3. SBK
a. Menyanyikan lagu wajib nasional : 3 lagu
b. Menyanyikan lagu daerah : 2 lagu
c. Menyanyikan lagu Mars Al- Azhar : 1 lagu
d. Menggambar Ilustrasi :
- Kertas gambar A3
- Penggaris
- Krayon
- Pensil
( semua perlengkapan disiapkan murid sendiri )


4. BAHASA INGGRIS
a. Testimony
b. Telling times
c. Direction
d. The parts of the body
e. Self Introduction
( Scoor 60 – 100 )

5. BAHASA INDONESIA
1. Berpidato tanpa teks
 Naskah pidato disiapkan di rumah dan dihafalkan.
 Tema pidato (pilih salah satu ): perpisahan sekolah, peresmian pembukaan kantor/toko, PORSENI (Pekan Olah Raga dan Seni) antar sekolah sekecamatan.
 Kerangka pidato terdiri atas pembukaan, isi, dan penutup

2. Menulis surat resmi
 Tema surat ditentukan pada saat ujian
 Pedoman penulisan surat dapat dibaca di halaman 111-113 buku paket.

3. Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi/radio (hal 92-93)
 Murid mendengarkan pembacaan berita, kemudian menuliskan pokok-pokok berita.
 Murid menyusun kembali pokok-pokok berita menjadi berita yang utuh (membuat simpulan isi berita).

6. IT KOMPUTER
Ketentuan-ketentuan materi soal ujian praktek kelas VI pada mata pelajaran IT Komputer
- Soal diberikan dalam bentuk amplop
- Soal terdiri dari materi wajib yaitu Ms Word dan Materi pilihan terdiri dari, Ms Excel, Ms Powerpoint, Photoshop, Ms. Publisher
- Soal diberikan pada saat ujian praktek untuk materi wajib dan memilih secara acak bagi materi pilihan untuk setiap anak
- Tiap kelompok praktek terdiri dari 8 – 9 orang
- Tempat duduk diruang komputer ditentukan oleh guru yang bersangkutan
- Materi soal akan diberitahukan sebelum ujian praktek dilaksanakan.
- Kapasitas soal yang diberiakan berdurasi kurang lebih 2 x 60 menit

Ketentuan materi soal :
Ms PowerPoint
1. Tema :
2. Slide yang dibuat minimal 5 slide
3. Ditambahkan gambar yang sesuai
4. Animasi
5. WordArt
6. Hyperlink pada tiap slide kalau memungkinkan

Photoshop
1. Pembuatan rancangan Cover & Poster
2. Langkah-langkah pembuatan akan ditentukan
3. Mengcut gambar
4. Penambahan sytle
5. Pewarnaan, effect pada gambar dan tulisan

Ms. Excel
1. Pembuatan tabel
2. Penggunaan fungsi statistik ( Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, rata-rata, pencarian nilai maximum, nilai minimum, dan jumlah data )
3. Pembuatan grafik
4. Ketentuan jenis tulisan, ukuran tulisan, warna tulisan

Ms Word
1. Pengetikan campuran format Arabic
2. Autosape, Teksbox, Word art, Subscript, Superscript, Animasi teks
3. Pembuatan tabel, Penambahan gambar, bullet & numbering

Ms, Publisher
1. Pembuatan desain web site
2. Minimal 4 menu utama
3. Tema web site penjualan barang
4. Menu, gambar bebas
5. Dibuat 2 format file Publisher dan File web

7. Al Qur’an
1. Hafalan surat pendek ( surat Al Fatihah, An Nas s/d Al Buruj ) kecuali Al Fajr dan Al Balad
2. Hafalan surat pilihan
a. Surat Al Ghasyiyah
b. Surat Al Baqarah ayat 255 (ayat kursi)
c. Surat Al Baqarah ayat 1-5

3. Membaca surat Al Quran pilihan
1. Al Qalam ayat 1-16
2. Al Mu’minun ayat 1-11

Keterangan :
1. Murid yang sudah test hafalan surat-surat pendek dari Al Fatihah, An Nas s/d Al Buruj di kelas tidak akan ditest lagi ketika ujian praktek
2. Bagi yang sudah hafalan surat Al Ghasyiyah di kelas tidak akan ditest lagi ketika ujian praktek
3. Bagi yang sudah test membaca Al Qalam ayat 1-16 di kelas tidak akan ditest lagi ketika ujian praktek

8. Penjasorkes

1. Atletik
a. Lari jarak pendek
b. Lempar
2. Permainan bola Besar
a. Bola Basket (Drible, shooting )
b. Sepak Bola (Passing, Drible )
3. Kondisi Fisik
a. Kekuatan (Push up, Sit Up)
b. Kelincahan (Lari boomerang )
4. Aktivitas air
a. Renang ( Gaya dada )

PAKTIK IPA
I. Materi
1. Rangkaian listrik
a. Rangkaian Seri
b. Rangkaian Paralel
2. Gerhana
a. Gerhana Matahari
b. Gerhana Bulan
3. Membuat magnet
a. Menggosok
b. Induksi
c. Elektromagnetik
4. Konduktor dan isolator


II. Peralatan
1. Materi IPA 1 dan 2 peralatan sudah disediakan oleh sekolah.
2. Materi IPA 3, 4 dan 5 peralatan disediakan oleh murid :
a. Magnet : 1 buah
b. Paku 10 cm : 2 buah
c. Kawat /paku 1 cm : 5 buah
d. Baterai 1,5 volt : 1 buah
e. Kawat 30 cm :1 buah
f. Selotif hitam : 1 buah

III. Penjelasan

Materi IPA 2 :

1. Rangkaian seri adalah rangkaian lampu atau baterai yang tersusun secara berurutan tanpa adanya percabangan.
Contoh : rangkaian listrik pada lampu senter.
Sumber : IPA Yudhistira 6B hal. 22.
2. Rangkaian paralel adalah rangkaian yang tersusun secara sejajar atau memiliki percabangan.
Contoh : rangkaian listrik di rumah.
Sumber : IPA Yudhistira 6B hal. 22 – 23.
Sumber : IPA Yudhistira 6B hal. 76
3. Gerhana Bulan : matahari – bumi – bulan
Sumber : IPA Yudhistira 6B hal.75
4. Konduktor listrik adalah benda yang dapat menghantarkan arus listrik.
Contoh : tembaga, timah, seng.
Sumber : IPA Yudhistira 6B hal. 20.
5. Gerhana Matahari : matahari – bulan – bumi

Materi IPA 1 :

Membuat magnet
a. Menggosok : magnet digosok-gosokkan pada benda magnetik dengan satu arah.
b. Induksi : cara membuat magnet dengan mendekatkan magnet terhadap benda magnetik kemudian didekatkan lagi dengan benda magnetik secara menyambung.
c. Elektromagnet : cara membuat magnet dengan melilitkan kabel listrik pada benda magnetik.
Sumber : IPA Yudhistira 5B hal. 14 - 15